Turki Panggil Duta Besar AS

Rabu, 30 Oktober 2019 - 23:04 WIB
Turki Panggil Duta Besar AS
Turki Panggil Duta Besar AS
A A A
ANKARA - Kementerian Luar Negeri Turki memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk negara itu. Pemanggilan dilakukan setelah DPR AS meloloskan rancangan undang-undang (RUU) untuk menjatuhkan sanksi kepada Turki terkait pembunuhan massal orang-orang Armenia satu abad yang lalu sebagai genosida dan menyerukan sanksi atas invasi Turki di Suriah.

Banyak warga Armenia yang tinggal di Kesultanan Utsmaniyah tewas dalam bentrokan dengan pasukan Ottoman selama Perang Dunia Pertama. Namun Turki menyangkal bahwa pembunuhan itu diatur secara sistematis dan merupakan genosida.

Menurut kantor berita Turki, Anadolu, Duta Besar David AS Satterfield dipanggil ke Kementerian Luar Negeri seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (30/10/2019).

Dewan Perwakilan Rakyat AS memberikan suara sangat besar untuk sebuah resolusi yang menyerukan kepada Presiden Donald Trump untuk menjatuhkan sanksi dan pembatasan lain pada Turki dan pejabat Turki atas aksi ofensifnya di Suriah utara.

DPR AS juga memberikan suara luar biasa untuk mendukung resolusi yang mengakui pembunuhan massal orang-orang Armenia satu abad yang lalu sebagai genosida.

Pemungutan suara simbolis namun bersejarah itu kemungkinan akan mengobarkan ketegangan dengan Turki.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3660 seconds (0.1#10.140)