Kecil Kemungkinan Turki Jual S-400 Rusia ke AS

Minggu, 12 Juli 2020 - 22:30 WIB
loading...
Kecil Kemungkinan Turki Jual S-400 Rusia ke AS
S-400 Rusia
A A A
ANKARA - Gareth Jenkins, seorang peneliti senior di Program Studi Jalan Sutra Pusat Bersama dan Pusat Turki di Institut Kebijakan Keamanan dan Pembangunan di Stockholm, Swedia mengatakan, kecil kemungkinan Ankara menjual S-400 ke Washington. Jenkins mengatakan, Turki akan menghormati kontrak dengan Rusia.

"Saya tidak berpikir ada kemungkinan Turki dapat menjual S-400-nya ke Amerika Serikat (AS). AS tidak akan menggunakan sistem itu sendiri, meskipun saya yakin bahwa mereka ingin membongkar dan menganalisis setiap aspek tentang sistem itu," ucap Jenkins.

(Baca: Pakar: Turki Bisa Kerahkan Sistem Rudal S-400 Rusia di Libya )

"Meskipun S-400 diyakini jauh lebih canggih daripada S-500, saya tidak dapat membayangkan bahwa Moskow akan senang dengan AS memiliki akses bahkan ke sistem yang lebih tua," sambungnya, seperti dilansir Sputnik.

Jenkins kemudian mengatakan, meskipun dirinya tidak melihat kontrak penjualan, dia tidak akan terkejut jika di dalamnya terdapat beberapa pembatasan penjualan kembali sistem pertahanan udara itu. "Bahkan jika tidak, saya yakin bahwa Moskow akan melihat Turki menjual S-400 ke AS sebagai pelanggaran kontrak penjualan", kata Jenkins.

Menurutnya, Washington telah lama menegaskan bahwa Ankara perlu meninggalkan S-400 sebelum dapat menerima jet tempur F-35. Jenkins juga mengatakan bahwa penangguhan dari program F-35 akan merugikan Turki lebih banyak daripada yang harus dibayarkan untuk S-400 dan fakta ini memberi Washington beberapa pengaruh atas Ankara.

"Jika (Presiden Turki Recep Tayyip) Erdogan ingin kembali ke program F-35, saya yakin AS akan terus memberitahunya untuk menyingkirkan S-400. AS tidak akan membayarnya untuk menyingkirkan S -400," kata Jenkins.

(Baca: Turki Juga Tes S-400 Rusia terhadap Jet Siluman F-35 dan F-22 AS )

Dia menambahkan, Senat dan Kongres AS tidak mungkin menyetujui pembelian S-400 di tengah perasaan anti-Turki di Washington saat ini. Selain itu, Jenkins mengatakan bahwa Rusia akan enggan menandatangani kontrak pertahanan dengan Ankara jika Turki akan mengirimkan sistem rudal tersebut ke AS.

"Jika Turki menyerahkan sistem pertahanan udara Rusia ke AS, apakah gratis atau untuk uang, saya yakin bahwa Moskow akan menganggapnya sebagai pengkhianatan semangat di mana kontrak penjualan dengan Ankara ditandatangani. Saya ragu itu akan pernah mempercayai rezim Erdogan lagi atau masuk ke dalam kontrak industri pertahanan berskala besar lainnya dengannya," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0830 seconds (0.1#10.140)