Putra El Chapo Pimpin Penyelamatan Dramatis Saudara Tirinya

Sabtu, 26 Oktober 2019 - 10:23 WIB
Putra El Chapo Pimpin Penyelamatan Dramatis Saudara Tirinya
Putra El Chapo Pimpin Penyelamatan Dramatis Saudara Tirinya
A A A
MEXICO CITY - Pemimpin sayap Los Chapitos dari Kartel Sinaloa, Ivan Archivaldo Guzman, berada di belakang serangan terhadap pasukan keamanan yang mendorong pembebasan saudara tirinya dari sebuah rumah di kota Culiacan pekan lalu. Hal itu diungkapkan seorang pejabat tinggi Meksiko.

Pasukan keamanan Meksiko menangkap Ovidio Guzman secara singkat pada 17 Oktober lalu di lingkungan kelas atas Culiacan. Penangkapan ini membuat ratusan pria bersenjata Kartel Sinaloa yang bersenjata berat memaksa pembebasannya. (Baca juga: Meksiko Tangkap Putra El Chapo, Kartel Narkoba Sinaloa Mengamuk )

Pertanyaan-pertanyaan muncul ke permukaan tentang peran saudara tertua Ovidio dalam meluncurkan serangan balik sengit yang dipimpin oleh orang-orang bersenjata dalam kendaraan-kendaraan lapis baja yang dipasangi senjata, membuat beberapa bagian kota membara. (Baca juga: Kartel Sinaloa Luncurkan Perang, Meksiko Bebaskan Putra El Chapo )

Pertanyaan itu pada Kamis malam terjawab. Menteri Keamanan Alfonso Durazo mengatakan Ivan Archivaldo Guzman yang adalah kakak dari Ovidio Guzman telah memainkan peran penting dalam serangan itu.

"Dia adalah salah satu dari orang-orang yang memimpin mobilisasi berbagai unsur kriminal di Culiacan," kata Durazo, sambil menyangkal laporan bahwa Ivan Archivaldo juga telah ditangkap secara singkat.

"Ivan Archivaldo tidak berada di rumah yang diambil alih oleh personel (keamanan) yang berpartisipasi dalam operasi ini," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/10/2019).

Seorang pejabat keamanan senior mengatakan kepada Reuters bahwa Ovidio ditemukan di rumah itu bersama rekannya, dua putri mereka, dan dua penjaga. Pejabat itu meminta untuk tidak disebutkan namanya karena ia tidak berwenang berbicara kepada media.

Ivan Archivaldo dan Ovidio adalah anak dari Joaquin "El Chapo" Guzman, gembong narkoba paling terkenal di Meksiko. El Chapo beberapa kali berhasil meloloskan diri dari pihak berwenang atau kabur dari penjara sebelum dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di Amerika Serikat tahun ini.

Sejak El Chapo meninggalkan tempat itu, rekannya Ismael "El Mayo" Zambada telah mengambil peran sebagai koordinator yang mengawasi beberapa faksi dalam organisasi, kata seorang pejabat di Departemen Kehakiman AS kepada Reuters.

Sementara itu empat bersaudara, dipimpin oleh Ivan Archivaldo, membentuk satu kelompok yang dikenal sebagai Los Chapitos, atau "Chapo kecil." Saudara laki-laki El Chapo mengepalai unit lain, dan penyelundup veteran Rafael Caro-Quintero memimpin yang lain, kata pejabat itu. Dalam wawancara tahun 2018 dengan majalah Meksiko, Caro-Quintero membantah bahwa dia masih seorang pengedar narkoba.

Serangan terhadap pasukan keamanan yang berujung pada bebasnya anak dari El Chapo membuat strategi keamanan Meksiko di pertanyakan dan menekan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yang bersikeras bahwa pembebasan itu diperlukan untuk melindungi kehidupan warga sipil dan personel keamanan.

Kartel Sinaloa, bersama dengan Kartel Next Generation Jalisco, adalah organisasi perdagangan narkoba terbesar dan paling kuat di Meksiko.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4322 seconds (0.1#10.140)