Korut Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek, Jepang Sebut Bukan Ancaman

Kamis, 25 Juli 2019 - 09:13 WIB
Korut Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek, Jepang Sebut Bukan Ancaman
Korut Luncurkan Rudal Balistik Jarak Pendek, Jepang Sebut Bukan Ancaman
A A A
TOKYO - Kantor berita Jepang, Kyodo, melaporkan bahwa dua proyektil yang diluncurkan oleh Korea Utara (Korut) adalah rudal balistik jarak pendek. Laporan itu mengutip dari sumber pemerintah Jepang.

Sumber itu mengatakan rudal tersebut tidak mencapai zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang dan tidak berdampak pada keamanan nasional Jepang, seperti dikutip Reuters dari Kyodo Kamis (25/7/2019).

Sementara itu Kementerian Pertahanan Jepang mengeluarkan pernyataan yang tampaknya membenarkan keterangan sumber tersebut. Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan belum menemukan benda terbang yang mencapai wilayahnya atau zona ekonomi eksklusif 200 mil dari peluncuran dua rudal jarak pendek Korut.

Pihak Kementerian Pertahanan Jepng belum mendeteksi tanda-tanda bahwa peluncuran rudal pada Kamis pagi menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan nasional Jepang seperti dikutip dari AP.

Sebelumnya Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) mengatakan Korut menembakkan dua proyektil dari sekitar kota pesisir timur Wonsan. Proyektil itu terbang sekitar 430 kilometer sebelum mendarat di perairan lepas pantai timur negara itu.

Jika dikonfirmasi oleh Pyongyang, ini akan menjadi uji coba misil pertama yang dilaporkan sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un bertemu di zona Demiliterisasi (DMZ) dua Korea pada akhir Juni lalu.

Uji coba senjata terakhir Korea Utara adalah pada bulan Mei, yang mencakup rudal jarak pendek serta roket yang lebih kecil. Pada saat itu, Kim Jong-un mengawasi penerbangan pertama dari senjata yang diuji coba.

Pada hari Selasa, kantor berita negara Korea Utara, KCNA, melaporkan bahwa Kim Jong-un memeriksa kapal selam besar yang baru dibangun, didampingi oleh para pemimpin program rudal. Inspeksi Kim Jong-un ini berpotensi memberi sinyal bahwa Pyongyang melanjutkan pengembangan program rudal balistik yang diluncurkan kapal selam atau SLBM. (Baca juga: Korut Kirim Sinyal Lanjutkan Program Rudal Balistik )
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6207 seconds (0.1#10.140)