Korea Utara Tembakkan 2 Rudal Balistik ke Laut Jepang

Selasa, 14 Maret 2023 - 08:01 WIB
loading...
Korea Utara Tembakkan 2 Rudal Balistik ke Laut Jepang
Korea Utara menembakkan dua rudal dari kapal selam yang menyerang target bawah air, menurut media pemerintah, di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara, 12 Maret 2023. Foto/KCNA/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal balistik ke arah Laut Jepang pada Selasa (14/3/2023), menurut militer Korea Selatan (Korsel).

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengumumkan peluncuran yang terdeteksi itu dan merinci insiden tersebut melibatkan dua rudal balistik jarak pendek. Pejabat Korsel menunjukkan rudal diluncurkan dari daerah Jangyon.

Tidak ada detail yang dirilis dari ketinggian yang dicapai atau di mana proyektil mendarat.

Kantor perdana menteri Korsel menyatakan tidak ada kerusakan yang terdeteksi. Pejabat masih mengumpulkan data tentang peluncuran tersebut.



Peluncuran rudal itu terjadi sehari setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat meluncurkan latihan militer bersama selama 11 hari pada Senin.

Pada kenyataannya, peluncuran rudal Selasa terjadi ketika Korea Utara mengumumkan telah melakukan uji coba menembakkan dua "rudal jelajah strategis" dari kapal selam sebelum dimulainya latihan gabungan tersebut.

Awal Maret, menjelang latihan bersama, Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik tidak seperti uji coba biasanya.

Jika peluncuran biasanya dilakukan dengan arah ke Laut Jepang, tes awal Maret melihat kepemimpinan mengirimkan proyektil ke Laut Kuning, perairan yang berbatasan dengan sekutu regional China.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)