Korut Diduga Luncurkan Rudal Balistik Tipe Baru, Jepang Keluarkan Perintah Evakuasi

Kamis, 13 April 2023 - 16:03 WIB
loading...
Korut Diduga Luncurkan Rudal Balistik Tipe Baru, Jepang Keluarkan Perintah Evakuasi
Korut diduga meluncurkan rudal balistik tipe baru pada Kamis (13/4/2023). Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) diduga telah meluncurkan rudal balistik tipe baru yang mendarat di perairan antara Semenanjung Korea dan Jepang. Ini mendorong Tokyo mengajukan protes keras setelah khawatir senjata itu akan mendarat di atau dekat pulau Hokkaido di utara, menyebabkan perintah evakuasi.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan rudal Korut diluncurkan pada sudut tinggi pada hari Kamis (13/4/2023) dari lokasi dekat Ibu Kota Pyongyang pada pukul 07:23 waktu setempat.

JCS menambahkan rudal, yang diduga jarak menengah atau lebih, terbang sekitar 1.000 km ke arah perairan antara Semenanjung Korea dan Jepang, sebelum jatuh ke laut. JCS menggambarkan peluncuran itu sebagai tindakan provokatif yang serius.

Jepang juga mengatakan rudal itu mendarat di air tetapi tidak segera memberikan lokasi pendaratan yang lebih tepat.

"Otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang melakukan analisis komprehensif mengenai spesifikasi rincinya," kata JCS dalam pesan teks yang dikirimkan kepada wartawan seperti dilansir dari Al Jazeera.

Stasiun televisi Korsel, YTN, mengutip seorang pejabat militer, melaporkan peluncuran uji coba itu bisa melibatkan senjata jenis baru yang ditampilkan di parade militer baru-baru ini, dan tidak menutup kemungkinan bahwa proyektil itu adalah rudal berbahan bakar padat.

Teknologi bahan bakar padat membuat roket lebih mudah diangkut dan diluncurkan lebih cepat daripada roket berbahan bakar cair.

Seorang pejabat pertahanan mengatakan Tokyo telah meluncurkan "protes keras" atas tindakan Korut setelah mencabut perintah evakuasi di Hokkaido sebelumnya di tengah kekhawatiran rudal itu menuju ke arah pulau itu.

Jepang sebelumnya juga pernah mengeluarkan perintah evakuasi serupa pada Oktober lalu ketika Korut menembakkan rudal jarak menengah ke negara itu. Senjata itu jatuh di Samudera Pasifik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)