Demonstran Sudan Serukan 'Perlawanan Sipil' di Seluruh Negeri

Minggu, 09 Juni 2019 - 14:38 WIB
Demonstran Sudan Serukan \Perlawanan Sipil\ di Seluruh Negeri
Demonstran Sudan Serukan 'Perlawanan Sipil' di Seluruh Negeri
A A A
KHARTOUM - Kelompok demonstran utama di Sudan menyerukan kampanye "perlawanan sipil" di seluruh negara. Mereka mengatakan, aksi ini akan terus berlangsung hingga pemerintah sementara yang dipimpin militer menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada sipil.

"Gerakan tersebut akan dimulai pada hari ini dan berakhir hanya ketika pemerintah sipil mengumumkan dirinya berkuasa di televisi pemerintah," kata Asosiasi Profesional Sudan yang memprakarsai protes yang menggulingkan Omar al-Bashir pada bulan April, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (9/6).

Seruan itu datang sehari setelah Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed bertemu secara terpisah dengan para jenderal yang berkuasa dan para pemimpin demonstran di tengah upaya untuk menengahi konflik antara kedua pihak.

Seperti diketahui, sejak Bashir lengser sebagai Presiden Sudan, situasi di negara tersebut jauh dari kata kondusif. Bentrokan antara militer dan demonstran kerap terjadi di seantero negeri.

Tak jarang militer juga menyerang basis demonstran Sudan. Komite Pusat Dokter Sudan (CCSD) mengatakan dalam serangan terbaru yang dilakukan militer pekan lalu, setidaknya 100 demonstran tewas.

CCSD, mengatakan awal mereka menemukan 60 orang tewas dalam serangan itu. Namun, jumlahnya meningkat ketika 40 mayat yang dibuang di sungai Nil oleh paramiliter Pasukan Pendukung Cepat (RSF), berhasil ditemukan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6911 seconds (0.1#10.140)