Raja Arab Saudi Beri Irak Dana Hibah Rp14,2 Triliun

Kamis, 04 April 2019 - 03:09 WIB
Raja Arab Saudi Beri Irak Dana Hibah Rp14,2 Triliun
Raja Arab Saudi Beri Irak Dana Hibah Rp14,2 Triliun
A A A
RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memberi Irak dana hibah USD1 miliar atau lebih dari Rp14,2 triliun. Dana itu untuk membangun kota olahraga.

Besaran dana hibah untuk Irak itu disampaikan Menteri Perdagangan dan Investasi Kerajaan Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qassabi, sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (4/4/2019).

Kedua negara telah menjalin hubungan lebih dekat dalam beberapa bulan terakhir sebagai bagian dari upaya Saudi untuk membendung pengaruh Iran yang sedang tumbuh. Sedangkan Baghdad membangun ikatan yang lebih kuat dengan Riyadh untuk mencari keuntungan ekonomi.

Pengumuman dana hibah Raja Salman untuk Irak itu muncul ketika para menteri senior Saudi melakukan perjalanan ke Baghdad pada hari Rabu untuk bertemu dengan para pejabat Irak guna membahas perdagangan dan investasi.

Al-Qassabi memimpin delegasi untuk pertemuan kedua Dewan Koordinasi Saudi-Irak. Pada pertemuan itu, delegasi Saudi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Irak Barham Salih, Perdana Menteri Adil Abdul-Mahdi dan Ketua Parlemen Irak Mohamed Halbousi.

Delegasi pemerintah Saudi antara lain terdiri dari Menteri Kebudayaan Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan, Menteri Lingkungan, Air dan Pertanian, Abdulrahman Al-Fadhli dan Menteri Energi Khalid Al-Falih.

Surat kabar Saudi, Al-Ekhbariya, melaporkan pertemuan itu bertujuan untuk mengeksplorasi cara untuk mengembangkan aktivitas perdagangan dan membahas peluang investasi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7099 seconds (0.1#10.140)