Kisah Nestapa 6 Agen Intelijen Terkenal

Minggu, 24 Maret 2019 - 13:23 WIB
Kisah Nestapa 6 Agen Intelijen Terkenal
Kisah Nestapa 6 Agen Intelijen Terkenal
A A A
DUNIA intelijen adalah dunia yang senyap dan penuh intrik. Ada agen yang berhasil, ada yang tidak. Para agen di lapangan ini siap menjadi martil jika operasinya gagal. Berikut agen intelijen terkenal yang akhirnya tertangkap.

1. Mata Hari (mata-mata Jerman)
Kisah Nestapa 6 Agen Intelijen Terkenal


Mata Hari, adalah salah satu mata-mata paling terkenal di dunia. Dia dikenal sebagai penari eksotis dan pelacur kelas tinggi di Paris, Prancis.

Mata Hari yang memiliki nama asli Margaretha Geertruida Zelle merupakan seorang intelijen yang bekerja bagi Jerman pada Perang Dunia I. Namun aksinya terhenti pada 1917.

Mata Hari diidentifikasi dan ditangkap di sebuah kamar hotel di Paris pada 13 Februari 1917. Dia dieksekusi oleh regu tembak pada 15 September, 1917.

2. Aldrich Ames (mata-mata Uni Soviet)
Kisah Nestapa 6 Agen Intelijen Terkenal
Ames awalnya merupakan agen CIA yang dikirim ke Turki pada 1985 untuk memata-matai perwira intelijen Uni Soviet. Namun ia membelot dan sebaliknya memberikan informasi rahasia Amerika kepada Uni Soviet.
Ketika dipindahkan ke Eropa, aksesnya terhadap data rahasia CIA termasuk identitas agen CIA di KGB dan mliter Soviet semakin luas. Ia memperoleh kekayaan materi untuk pengkhianatan itu dan tidak ketahuan oleh Amerika. Namun Ames akhirnya tertangkap oleh FBI. Ames dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tahun 1994.

3. Klaus Fuchs (mata-mata Uni Soviet)
Kisah Nestapa 6 Agen Intelijen Terkenal


Klaus Fluchs, seorang fisikawan kelahiran Jerman bertanggung jawab untuk pekerjaan teoritis yang signifikan pada senjata fisi pertama dan model awal dari bom hidrogen. Setelah melarikan diri dari Jerman selama rezim Nazi, Fuchs mengambil gelar PhD di Inggris dan terlibat dalam proyek bom atom Inggris.

Selama di Inggris, Fuchs berbalik menjadi mata-mata dan mulai memberikan informasi kepada Uni Soviet. Setelah melayani Uni Soviet selama dua tahun, ia akhirnya berhenti. Fuchs diinterogasi pada 1946 oleh pemerintah Inggris dan dijatuhi hukuman 14 tahun penjara.

4. The Rosenbergs (mata-mata Uni Soviet)
Kisah Nestapa 6 Agen Intelijen Terkenal


Pasangan suami istri, Julius dan Ethel Rosenberg terlibat dalam spionase pada 1942, ketika Julius direkrut oleh KGB, badan intelijen Uni Soviet. Tahun 1951, Julius dan Ethel dinyatakan bersalah karena konspirasi melakukan spionase atau mata-mata.

Pasangan suami istri ini dieksekusi dengan menggunakan kursi listrik di Penjara Sing Sing pada 1953. Mereka adalah dua warga sipil Amerika yang dieksekusi dalam kasus mata-mata selama Perang Dingin.

5. Frederik Joubert Duquesne (mata-mata Jerman)
Kisah Nestapa 6 Agen Intelijen Terkenal


Frederick Joubert Duquesne, dijuluki Black Panther adalah seorang mata-mata Jerman yang menyamar di dalam pasukan Sekutu selama Perang Dunia baik I dan II. Duquesne menyabotase dan meneggelamkan kapal perang Inggris, HMS Hampshire pada 1916, yang membawa Lord Kitchener ke Rusia. Duquesne juga membentuk Duquesne Spy Ring yang kemudian 33 anggotanya dijatuhi hukuman 300 tahun penjara.
6. Shi Pei Pu (mata-mata China)
Kisah Nestapa 6 Agen Intelijen Terkenal


Shi Pei Pu awalnya diketahui sebagai penyanyi opera di Beijing, China pada 1964, yang kemudian dijadikan selingkuhan oleh petugas kedutaan Prancis, Bernard Boursicot. Shi yang merupakan seorang pria mengelabui Boursicot dan mengaku sebagai wanita.

Keduanya memulai hubungan cinta. Hubungan Boursicot yang telah memiliki istri dengan Shi akhirnya diketahui pemerintah China.

Shi memanfaatkan perselingkuhan itu untuk mendapatkan dokumen rahasia Prancis kepada China pada awal 1980-an. Akhirnya Shi ditangkap dan didakwa dengan spionase. Shi menjalani hukuman enam tahun penjara. (Wahyono)
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3449 seconds (0.1#10.140)