Paris Dorong Para Komuter untuk Bersepeda

Kamis, 21 Maret 2019 - 12:05 WIB
Paris Dorong Para Komuter untuk Bersepeda
Paris Dorong Para Komuter untuk Bersepeda
A A A
PARIS - Otoritas wilayah Paris ingin menambah jumlah orang yang bersepeda ke tempat kerja dengan berinvestasi pada jalur sepeda baru, infrastruktur dan program rental sepeda listrik bersubsidi.

Kepala daerah Ile-de-France, Valerie Pecresse, menyatakan pemerintahannya akan berinvestasi USD113 juta untuk menciptakan 2 juta perjalanan komuter per hari dengan sepeda pada 2021. “Kurang dari 2% warga Ile-de-France bersepeda ke tempat kerja, dibandingkan 10% di Jreman dan 20% di Belanda,” papar Pecresse, dilansir Reuters.

“Kita tertinggal dan kami ingin mencapai 6% pada 2021,” tutur dia menambahkan bahwa setengah komuter menggunakan mobil untuk jarak tempuh kurang dari 3 km.

Walikota Anne Hidalgo ingin melarang mobil-mobil berbahan bakar fosil di Paris pada 2030, tapi Pecresse mendorong para pemilik mobil berpindah ke sepeda dan transportasi publik sebagai bagian dari model menggabungkan tiga model transportasi.

Wilayahnya ingin membuat zona kantor, sekolah dan stasiun kereta mudah dijangkau dengan sepeda melalui jaringan jalur sepeda. Untuk semakin mempermudah 12 juta warga Ile-de-France untuk berhenti mengemudi ke Paris, wilayah itu akan menyubsidi lebih dari 10.000 lokasi parkir sepeda yang aman di lebih dari 150 stasiun kereta.

Para komuter yang tinggal di wilayah perbukitan atau mereka yang ingin berkomuter 10 km atau lebih akan ditawarkan peluang menyewa sepeda listrik hingga lebih dari enam bulan dengan biaya USD45 per bulan. Setengah dari biaya sewa itu dapat diganti oleh perusahaan yang mempekerjakan mereka.

Penggunaan sepeda dapat mengurangi emisi penyebab pemanasan global saat berbagai negara ingin mengurangi dampak perubahan iklim. Sejumlah negara memiliki kebijakan yang sangat mendukung para pengguna sepeda dengan mempertimbangkan kenyamanan dan keamanannya.

Selain itu, pemerintah Belanda terus mendorong warganya memakai sepeda. Dengan 17 juta warga dan 23 juta sepeda, Belanda memiliki lebih banyak sepeda dibandingkan manusia. Sekarang, negara itu ingin lebih banyak sepeda berada di jalanan.

Belanda pun akan membayar warganya yang bersedia naik sepeda. Pemerintah Belanda baru-baru ini mengumumkan akan menginvestasikan USD390 juta untuk infrastruktur sepeda agar 200.000 orang lebih dapat berkomuter dengan sepeda dalam tiga tahun mendatang. (Syarifudin)

(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5292 seconds (0.1#10.140)