Rekor, Tuna Sirip Biru Laku Rp44 Miliar dalam Lelang

Senin, 07 Januari 2019 - 12:09 WIB
Rekor, Tuna Sirip Biru...
Rekor, Tuna Sirip Biru Laku Rp44 Miliar dalam Lelang
A A A
TOKYO - Entrepreneur sushi Jepang Kiyoshi Kimura membayar seekor ikan tuna raksasa dengan harga rekor tertinggi USD3,1 juta atau Rp44 miliar di pasar ikan baru Tokyo.

Pasar ikan baru itu menggantikan pasar lama Tsukiji. Lelang di pasar baru dilakukan pada fajar pertama lelang Tahun Baru. Harga penawaran berhenti pada nilai 333,6 juta yen atau RP44 miliar untuk ikan tuna seberat 278 kg itu. Ikan tuna itu berasal dari spesies yang terancam punah dan tertangkap di pantai utara Jepang.

Kimura menyebut dirinya sebagai “Raja Tuna” dan dia pun membayar untuk harga tertinggi itu. Nilai lelang kali ini dua kali lipat lebih besar dibandingkan rekor sebelumnya sebesar 155 juta yen yang juga dibayar oleh dia pada 2013.

“Ini tuna terbaik. Saya dapat membeli sekor tuna yang nikmat dan super segar,” ungkap pemilik jaringan restoran sushi itu dengan bangga pada para jurnalis, dilansir Channel News Asia.

Dia menambahkan, “Harga itu lebih tinggi dibandingkan perkiraan awal tapi saya harap konsumen kami akan memakan tuna hebat ini.”

Tsukiji merupakan pasar ikan terbesar di dunia dan menjadi daya tarik turis di wilayah yang penuh dengan restoran dan toko. Pasar itu pindah pada Oktober lalu ke Toyosu, bekas pabrik gas yang lokasinya lebih jauh ke wilayah timur.

Dibuka pada 1935, Tsukiji terkenal untuk lelang harian sebelum fajar untuk ikan tuna yang ditangkap dari penjuru dunia. Ikan tuna itu digunakan untuk siapa saja mulai dari chef sushi bintang Michelin hingga toko grosir biasa.

Spesial pada lelang pertama tahun baru, para pengusaha grosir dan sushi berlomba membayar dengan harga fantastis untuk ikan terbesar dan terbaik pada saat lelang digelar. Meski pasar telah dipindah ke tempat baru, tradisi lelang itu tetap berlangsung, digelar sebelum fajar, para pembeli memakai sepatu boot karet untuk memeriksa kualitas tuna segar raksasa itu.

Pada pukul 5.10 pagi waktu setempat, lonceng berbunyi untuk menandai lelang dimulai dan udara dipenuhi suara teriakan harga para pelelang ke arah pembeli yang mengangkat jari untuk menunjukkan minatnya.

Dalam penjualan tuna terbaik hari itu, seorang pelelang mengetok palu harga tertinggi saat Kimura mengalahkan lawannya dalam pertarungan harga. (Syarifudin)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)