Kebijakan China di Laut China Selatan Bikin AS Khawatir

Sabtu, 10 November 2018 - 05:36 WIB
Kebijakan China di Laut China Selatan Bikin AS Khawatir
Kebijakan China di Laut China Selatan Bikin AS Khawatir
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan kekhawatiran yang signifikan atas kebijakan China di Laut China Selatan.

"Saya sudah jelas ... bahwa kami terus mengkhawatirkan kegiatan dan militerisasi China di Laut Cina Selatan. Kami menekan China untuk memenuhi komitmennya di masa lalu di wilayah ini," kata Pompeo kepada wartawan pada konferensi pers menyusul pembicaraan diplomatik dengan pejabat China seperti dikutip dari The Hill, Sabtu (10/11/2018).

Kekhawatiran semakin meningkat atas pembangunan fasilitas militer China di pulau buatan di Laut Cina Selatan, yang dipandang oleh pejabat AS sebagai pelanggaran hukum internasional. Sekutu AS khawatir bahwa ekspansi China, dilihat sebagai sarana untuk meningkatkan lingkup pengaruhnya, menimbulkan ancaman terhadap keselamatan mereka jika konflik militer muncul.

Washington dan Beijing baru-baru ini melakukan latihan militer di wilayah itu di mana beberapa negara meletakkan klaim teritorial.

Menteri Pertahanan AS James Mattis bertemu dengan rekan-rekannya di Jepang dan Korea Selatan (Korsel) di Singapura bulan lalu ketika menghadiri konferensi keamanan regional. Saat itu Mattis bersumpah untuk bekerja dengan sekutu Amerika guna mencegah militerisasi lebih lanjut China di wilayah tersebut.

"Saya pikir bahwa kita semua bergandengan tangan, (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, ASEAN) sekutu dan mitra, dan kami menegaskan seperti yang kita lakukan agar tidak ada satu negara pun yang dapat menulis ulang jalan ke aturan internasional dan mengharapkan semua bangsa besar dan kecil untuk menghormati aturan-aturan itu,” kata Mattis kepada wartawan.

“Amerika Serikat, bersama sekutu dan mitra kami, akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan dan kepentingan nasional kami menuntut. Kami tidak akan diintimidasi, dan kami tidak akan mundur, karena kami tidak dapat menerima militerisasi (Republik Rakyat China) di Laut Cina Selatan atau paksaan apa pun di kawasan ini,” tambahnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6250 seconds (0.1#10.140)