Erdogan: Oposisi Harus Jadi Bagian Solusi Politik di Idlib

Senin, 24 September 2018 - 20:16 WIB
Erdogan: Oposisi Harus Jadi Bagian Solusi Politik di Idlib
Erdogan: Oposisi Harus Jadi Bagian Solusi Politik di Idlib
A A A
ANKARA - Presiden Turki, Tayyip Erdogan menyatakan, kelompok oposisi Suriah yang moderat harus menjadi bagian dari solusi politik di Idlib. Dia menyatakan, keterlibatan oposisi moderat sangat penting, bukan hanya untuk perdamaian di Idlib, tapi juga untuk seluruh Suriah.

Erdogan dalam sebuah wawancara dengan media Rusia, Kommersant, menuturkan bahwa Turki memprioritaskan warga sipil, pelestarian zona deescalation dan melindungi kelompok oposisi moderat sejak awal masalah Idlib mencuat.

"Mungkin ada pendekatan yang berbeda dari berbagai negara tentang oposisi moderat. Tapi, kami berpikir bahwa oposisi moderat harus tetap dalam proses politik," kata Erdogan dalam wawancara tersebut, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (24/9).

"Keterlibatan oposisi diperlukan untuk melaksanakan agenda dalam pembicaraan Jenewa dan Astana dengan cara yang sehat," katanya, mengacu pada perjanjian sebelumnya mengenai Suriah oleh PBB, dan perjanjian mengenai Suriah yang dibentuk Turki, Rusia dan Iran.

Dia lalu mengatakan, Turki menentang setiap upaya yang bertujuan untuk melemahkan oposisi moderat dengan menganggap mereka sebagai teroris.

Pemimpin Turki itu menambahkan, bahwa Turki telah bekerja selama bertahun-tahun untuk menjaga perdamaian di Suriah dan membantu jutaan warga sipil kembali ke rumah mereka meski ada propaganda dan taktik kotor oleh rezim Bashar al-Assad.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5694 seconds (0.1#10.140)