Dewan HAM PBB Sampaikan Kekhawatiran Soal Operasi Militer di Idlib

Senin, 10 September 2018 - 21:09 WIB
Dewan HAM PBB Sampaikan Kekhawatiran Soal Operasi Militer di Idlib
Dewan HAM PBB Sampaikan Kekhawatiran Soal Operasi Militer di Idlib
A A A
JENEWA - Dewan HAM PBB menyatakan keprihatinan atas operasi militer yang sedang berlangsung dan dampaknya terhadap jutaan warga sipil di Provinsi Idlib, yang berlokasi di barat laut Suriah.

Berbicara di sesi ke-39 Dewan Hak Asasi Manusia di Jenewa, Komisaris Tinggi Dewan HAM PBB, Michelle Bachelet menyerukan kepada semua pihak untuk berpegang teguh pada hukum internasional, khususnya hukuman humaniter saat melakukan operasi di Idlib.

"Kami mengingatkan semua pihak pada konflik, bahwa mereka harus berpegang teguh pada semua prinsip hukum humaniter internasional yang relevan saat melakukan operasi itu," kata Bachelet, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (10/9).

"Dampak dari konflik pada warga sipil harus diminimalkan, bantuan kemanusiaan harus disediakan, dan koridor kemanusiaan harus dibuka untuk memastikan bahwa warga sipil dengan aman meninggalkan daerah yang terkena dampak konflik," sambungnya.

Rezim Suriah baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran di daerah itu, yang telah lama dikendalikan oleh berbagai kelompok oposisi bersenjata.

PBB pada pekan telah memperingatkan bahwa serangan semacam itu akan mengarah pada bencana kemanusiaan terburuk di abad ke-21.

Terletak di dekat perbatasan Turki, Idlib adalah rumah bagi lebih dari tiga juta warga Suriah, banyak di antaranya adalah warga kota lain yang melarikan diri saat rezim Suriah melancarkan serangan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4696 seconds (0.1#10.140)