Indonesia Jadi Tujuan Lawatan Pertama PM Mahathir Mohamad

Rabu, 27 Juni 2018 - 23:01 WIB
Indonesia Jadi Tujuan...
Indonesia Jadi Tujuan Lawatan Pertama PM Mahathir Mohamad
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohammad akan berkunjung ke Indonesia, Kamis (28/6/2018) hingga Jumat (29/6/2018). Negara yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menjadi tujuan lawatan pertama sejak Mahathir dilantik 10 Mei lalu.

Kunjungan pemimpin Malaysia itu akan ditemani sang istri, Siti Hasmah Mohd Ali, dan para pejabat dari Kantor Perdana Menteri dan Kementerian Luar Negeri.

"Selama kunjungan, Perdana Menteri akan bertemu dengan Yang Mulia Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia dan akan diikuti makan siang yang diselenggarakan oleh presiden," kata Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (27/6/2018).

PM Mahathir juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan komunitas Malaysia di Jakarta.

"Kunjungan ini akan memberikan platform bagi kedua pemimpin untuk lebih memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama kedua negara. Ini juga akan memungkinkan Malaysia untuk menyoroti kebijakan terbaru pemerintah dan terutama pada masalah yang saling menguntungkan," lanjut pernyataan kementerian tersebut.

Mahathir dan Jokowi juga akan saling bertukar pandangan tentang masalah regional dan global yang menjadi kepentingan bersama kedua negara.

Indonesia adalah salah satu teman dekat dan tetangga penting Malaysia. Pada tahun 2017, total nilai perdagangan bilateral tercatat sebesar RM72.63 miliar (USD16.89) atau meningkat 22 persen dibandingkan dengan tahun 2016.

Tingginya nilai perdagangan itu menjadikan Malaysia sebagai mitra perdagangan terbesar ke-7 secara global dan mitra dagang terbesar ketiga di antara negara anggota ASEAN setelah Singapura dan Thailand.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9212 seconds (0.1#10.140)