Taliban Pakistan Tunjuk Bos Baru

Minggu, 24 Juni 2018 - 15:19 WIB
Taliban Pakistan Tunjuk Bos Baru
Taliban Pakistan Tunjuk Bos Baru
A A A
ISLAMABAD - Tehrik-e-Taliban Pakistan (TTP), organisasi induk militan Pakistan, kemarin mengumumkan pemimpin baru mereka. Sosok yang ditunjuk sebagai pemimpin baru TTP adalah Noor Wali Mahsud.

Pengumuman itu datang 10 hari setelah kepala TTP sebelumnya, Mullah Fazlullah, tewas bersama dengan empat militan lainnya dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS) di Afghanistan timur.

Melansir Anadolu Agecy pada Minggu (24/6), Noor Wali Mahsud, juga dikenal sebagai Abu Mansour Asim, lahir pada 1978 di distrik barat laut Waziristan Selatan.

Dia mendapat pendidikan awal dari seminari lokal di desanya dan menyelesaikan pendidikan agama di Faisalabad, di provinsi Punjab tenggara, dan Karachi, kota terbesar di Pakistan.

Wali bergabung dengan Taliban Afghanistan pada tahun 1999 dan mengambil bagian dalam pertempuran melawan NATO. Dia kembali ke Pakistan pada tahun 2001 setelah invasi AS ke Afghanistan, dan bergabung dengan Taliban setempat pada tahun 2003.

Pada tahun 2007, ketua TTP saat itu, Baitullah Mahsud, menunjuk Wali sebagai hakim tertinggi di pengadilan pusat Taliban. Sebelum ditunjukan menjadi ketua TTP, Wali adalah ketua faksi Mahsud, kelompok utama di dalam TTP.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3290 seconds (0.1#10.140)