Korut Umumkan Pembongkaran Tempat Uji Coba Nuklir

Sabtu, 12 Mei 2018 - 22:38 WIB
Korut Umumkan Pembongkaran Tempat Uji Coba Nuklir
Korut Umumkan Pembongkaran Tempat Uji Coba Nuklir
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) mengumumkan akan mengadakan upacara pembongkaran lokasi uji coba nuklir pada 23-25 Mei mendatang. Demikian laporan kantor berita resmi Korut.

"Sesuai dengan keputusan Rapat Pleno Ketiga Komite Sentral Ketujuh Partai Buruh Korea, Institut Senjata Nuklir dan lembaga terkait lainnya mengambil langkah-langkah teknis untuk membongkar uji coba nuklir Korea Utara untuk memastikan transparansi penghentian uji coba nuklir," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Korut yang diterbitkan oleh Kantor Berita Korut.

"Sebuah upacara untuk pembongkaran lokasi uji coba nuklir sekarang dijadwalkan antara 23 Mei dan 25 Mei, tergantung pada kondisi cuaca," sambung pernyataan itu seperti disitir dari Xinhua, Sabtu (12/5/2018).

Pyongyang mengatakan akan meledakkan bahan peledak di semua terowongan di tempat uji coba, memblokir semua pintu masuk, menghapus semua fasilitas observasi, lembaga penelitian dan struktur unit penjaga di fasilitas uji coba tersebut.

"Bersamaan dengan pembongkaran tempat uji coba nuklir, penjaga dan peneliti akan ditarik dan daerah sekitarnya harus ditutup sepenuhnya," kata pernyataan itu lagi.

Kementerian Luar Negeri Korut juga menyatakan wartawan asing diizinkan untuk meliput upacara pembongkaran itu untuk menunjukkan transparansi.

"Dengan mempertimbangkan ruang kecil dari tempat uji coba, wartawan dari negara lain akan terbatas pada mereka yang berasal dari China, Rusia, Amerika Serikat, Inggris dan Korea Selatan," jelas pernyataan itu.

"Semua wartawan internasional akan diberangkatkan dengan penerbangan charter dari Beijing ke Wonsan," demikian pernyataan itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5884 seconds (0.1#10.140)