60 Diplomat Rusia yang Diusir AS Dilarang Masuk Ukraina

Minggu, 01 April 2018 - 05:35 WIB
60 Diplomat Rusia yang Diusir AS Dilarang Masuk Ukraina
60 Diplomat Rusia yang Diusir AS Dilarang Masuk Ukraina
A A A
KIEV - Dinas Keamanan Ukraina (SBU) telah melarang 60 diplomat Rusia, yang diusir oleh Amerika Serikat (AS), masuk negara itu. Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh SBU.

"Dinas Keamanan Ukraina telah menutup kemungkinan untuk memasuki Ukraina bagi 60 warga negara Rusia, yang telah diusir dari Amerika Serikat. Larangan lima tahun itu dijatuhkan pada 48 diplomat dari kedutaan Rusia (di Washington) dan 12 orang dari (misi) PBB di New York, yang telah diusir dari Amerika Serikat pada 26 Maret," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (1/4/2018).

Pada hari Senin, otoritas AS mengusir 60 diplomat Rusia dan menutup Konsulat Jenderal Rusia di Seattle. Pengusiran itu terjadi setelah Sergei Skripal, mantan mata-mata Rusia yang bekerja untuk intelijen Inggris, dan putrinya Yulia terpapar dengan apa yang dikatakan ahli Inggris sebagai zat saraf A234.

Sebelumnya, pada hari Selasa, SBU juga telah melarang masuk 23 diplomat Rusia yang diusir Inggris atas kasus Skripal.

Skripal, yang juga bekerja untuk intelijen Inggris, dan putrinya Yulia telah berada di rumah sakit sejak 4 Maret karena terkena racun yang dikatakan para ahli Inggris sebagai zat saraf A234. Perdana Menteri Inggris Theresa May telah menuduh Rusia mendalangi serangan itu dan mengusir 23 diplomat Rusia, sementara Uni Eropa dan beberapa negara lainnya, termasuk Ukraina, telah menyatakan solidaritasnya kepada Inggris.

Rusia dengan keras menolak tuduhan dan menawarkan bantuan dalam penyelidikan. Setelah keputusan beberapa negara untuk mengusir diplomat, Moskow telah menanggapi pengusiran dengan mengambil langkah-langkah berkaitan dengan negara-negara yang telah membuat keputusan seperti itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6386 seconds (0.1#10.140)