Bos Mata-mata Rusia Ogah Beri Selamat Ulang Tahun pada CIA

Kamis, 15 September 2022 - 05:45 WIB
loading...
Bos Mata-mata Rusia Ogah Beri Selamat Ulang Tahun pada CIA
Kepala Badan Intelijen Asing (SVR) Rusia Sergey Naryshkin. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Kepala Badan Intelijen Asing (SVR) Rusia Sergey Naryshkin mengatakan dia tidak akan mengirim ucapan selamat ulang tahun ke-75 kepada Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat (AS).

Dia mengutip berbagai aktivitas kontroversial CIA dan "provokasi terhadap negara-negara berdaulat" sebagai alasannya.

Pada Rabu (14/9/2022), Naryshkin menerbitkan artikel yang didedikasikan untuk hari ulang tahun CIA, yang ditandai pada tanggal 18 September.



Pada hari ini pada tahun 1947, Presiden AS saat itu Harry Truman menandatangani Undang-Undang Keamanan Nasional, yang menjadi salah satu undang-undang yang paling berperan dari periode Perang Dingin.

“Sejarah badan ini terdiri dari banyak provokasi, dikelilingi lingkaran mitos, rahasia, dan skandal,” tulis kepala SVR dalam artikel berjudul “75 lilin di kue ulang tahun CIA”.

“Hampir tidak ada konflik yang terjadi di seluruh dunia selama tujuh setengah dekade terakhir yang berlangsung tanpa menyebut CIA,” papar dia.



Memasuki tahun ke-76 keberadaannya, “CIA tetap menjadi pelaku yang bersemangat dari kehendak elit penguasa negaranya (AS). Terlepas dari perubahan signifikan yang terjadi, para elit itu terus menganggap diri mereka sebagai hegemoni di dunia unipolar,” tegas kepala SVR.

“Meskipun namanya adalah organisasi intelijen, ia memiliki kecenderungan yang terlihat terhadap kegiatan subversif dan mengganggu yang ditujukan terhadap negara-negara berdaulat,” tulis dia.

“Karena itu, tidak akan ada ucapan selamat ulang tahun dan harapan (untuk CIA). Karena tidak ada kompromi dalam menilai perannya dalam sejarah dan 'kebaikannya' di hadapan umat manusia," pungkas Naryshkin.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)