RS Kelewat Sibuk, Ibu Ini Melahirkan di Jalan dan Minta Direkam

Selasa, 27 Februari 2018 - 16:38 WIB
RS Kelewat Sibuk, Ibu Ini Melahirkan di Jalan dan Minta Direkam
RS Kelewat Sibuk, Ibu Ini Melahirkan di Jalan dan Minta Direkam
A A A
CHALATENANGO - Seorang ibu hamil di El Salvador yang putus asa terpaksa melahirkan di jalan setelah rumah sakit (RS) mengklaim terlalu sibuk untuk merawatnya.

Wanita yang diidentifikasi dengan nama pendek Delmi dibantu orang-orang di jalan saat persalinan. Dia meminta para pengguna jalan merekam proses tersebut sebagai bukti kekecewaannya pada layanan rumah sakit.

Menurut laporan media setempat, Delmi sudah datang ke layanan rumah sakit tapi tak diperlakukan sebagai pasien darurat. Padahal, dia merasa proses persalinannya sudah dekat.

Delmi, 32, akhirnya menuju ke jalan di dekat sebuah mobil yang diparkir. Di lokasi itulah dia melahirkan dengan bantuan para pejalan kaki.

Seorang temannya mencoba menghubungi perawat RS untuk meminta pertolongan.Usaha itu tidak membuahkan hasil, karena perawat memberi tahu bahwa orang yang sakit harus antre.

Sebuah rekaman video menunjukkan Delmi berdiri di samping dekat kursi roda dan mobil yang diparkir di seberang RS Dr Jose Edmundo Vasquez di Chalatenango, El Salvador.

“Ketika saya merasakan bayi ini mendorong saya terlalu keras, saya memutuskan untuk memilikinya di mobil,” kata Delmi.

”Saya sudah masuk ke meja pemeriksaan (rumah sakit), karena saya sudah merencanakannya, tapi ada banyak anak, banyak orang, dan saya merasa malu karena mereka akan melihat saya melahirkan,” ujarnya, seperti dikutip Mirror, Selasa (27/2/2018).

Video persalinan Delmi tersebut telah dilihat lebih dari 160.000 kali hanya dalam empat hari.

Delmi mengatakan salah satu wanita yang membantunya melahirkan adalah temannya yang bernama Reina dan seorang wanita asing yang baik hati.

Reina mengatakan kepada wartawan atas permintaan Delmi seorang pejalan kaki memfilmkan persalinan tersebut.

“Saya meminta mereka untuk membuat video karena jika tidak ada bukti, orang tidak akan percaya apa yang terjadi,” kata Reina.

”Saya memberi tahu perawat bahwa Delmi sudah melahirkan, dan dia berkata, 'semua orang datang dengan rasa sakit, Anda harus menunggu',” ujar Reina menirukan respons perawat RS.

Meski melahirkan di jalan, Delmi dan putri keempatnya berhasil selamat. Keduanya akhirnya dirawat di rumah sakit.

Video viral itu memicu Kementerian Kesehatan El Salvador meluncurkan penyelidikan terhadap rumah sakit. Kementerian itu mempertanyakan mengapa ibu yang akan melahirkan tidak diperlakukan sebagai pasien darurat di rumah sakit.

Menteri Kesehatan Violeta Menjivar mengatakan kepada media setempat bahwa mereka yang bertanggung jawab atas kasus itu akan menerima sanksi karena tidak memberi bantuan yang diperlukan ibu tersebut.

Pihak pimpinan rumah sakit belum berkomentar mengenai kejadian tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4214 seconds (0.1#10.140)