El Salvador Gelar Sidang Massal, Adili 900 Anggota Geng

Minggu, 30 Juli 2023 - 12:00 WIB
loading...
El Salvador Gelar Sidang Massal, Adili 900 Anggota Geng
900 anggota geng di El Salvador diadili secara massal. Foto/Daily Star
A A A
SAN SALVADOR - El Salvador akan menggelar sidang massal 900 tersangka anggota geng dengan vonis yang sama. Sidang massal ini adalah bagian dari tindakan keras negara di Amerika Tengah itu terhadap kejahatan di seluruh negeri.

Perundang-undangan untuk mencakup proses hukum sudah berjalan, setelah 70.000 orang ditangkap pasca Presiden Nayib Bukele mengumumkan keadaan darurat.

Keadaan darurat diumumkan 16 bulan yang lalu dan sekarang pejabat pemerintah sedang bersiap untuk mengizinkan hingga 900 terdakwa diadili sekaligus untuk "perkumpulan melawan hukum", yang menganggap orang-orang didakwa sebagai bagian dari sel kriminal yang sama.



Penangkapan massal yang terjadi selama keadaan lockdown dilaporkan mengurangi jumlah pembunuhan, dengan lebih sedikit laporan pembunuhan dan kejahatan di daerah tersebut.

Penangkapan massal itu tampaknya juga berdampak pada popularitas presiden.

Perubahan selanjutnya pada hukum pidana dan potensi tuntutan hukum massal telah mendapat perhatian dari kelompok pengawas hak asasi manusia lokal dan internasional.

Analis keamanan Jeannette Aguilar, berbicara kepada VICE, memperingatkan tentang "risiko serius" yang ditimbulkan oleh masa lockdown terhadap penduduk dan mereka yang sudah berada dalam kurungan.



"Praktek ini ilegal dan dari setiap sudut pandang, melanggar prinsip tidak bersalah. Itu menjijikkan dan merupakan risiko ancaman serius secara umum bagi penduduk," ujarnya seperti dilansir dari Daily Star, Minggu (30/7/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)