Empat Negara Nordik Ungkap Rahasia Kemajuannya

Rabu, 20 September 2017 - 14:33 WIB
Empat Negara Nordik Ungkap Rahasia Kemajuannya
Empat Negara Nordik Ungkap Rahasia Kemajuannya
A A A
JAKARTA - Empat negara Nordik yakni Finlandia, Norwegia, Swedia, dan Denmark mengungkap rahasia kemajuan negara mereka. Negara-negara Nordik selalu masuk dalam 10 negara paling bahagia di dunia, di mana beberapa indikatornya adalah pertumbuhan ekonomi, layanan kesehatan, pendidikan, dan tingkat kriminialitas.

Negara-negara Nordik itu menuturkan salah satu faktor kemajuan negara mereka adalah sistem ekonomi yang maju, dengan teknologi mutakhir, tapi tanpa mengorbankan alam. Selain itu, keterbukaan dalam dunia politik juga menjadi alasan lain perkembangan negara mereka.

"Di negara-negara Nordik, kita bangga dengan tingkat transparansi yang tinggi dan keterbukaan sistem politik kita," ujar Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus Abildgaars saat memberikan sambutan dalam Nordic Way, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

"Hal ini menjadi cara Nordik mensyaratkan sinergi dan dialog antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat sipil, yang memungkinkan ekonomi terbuka dan inovatif untuk menumbuhkan solusi kesejahteraan dan berkelanjutan sesuai dengan tantangan global, seperti keamanan energi dan perlindungan lingkungan," sambungnya.

Sementara itu, menurut Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog selain faktor-faktor diatas, faktor penting lainnya adalah pendidikan yang berkualitas. Skoog mengatakan, kegagalan yang dapat terjadi dengan mudah teratasi jika memiliki modal tersebut.

"Ekonomi Nordik telah bertahan dalam ujian waktu dan telah mampu mengulanginya berkali-kali. Pendidikan yang baik, dikombinasikan dengan mengetahui bahwa jika gagal, Anda tetap memiliki jaring pengaman sosial untuk diandalkan. Oleh karena itu, saya percaya bahwa kita melihat begitu banyak inovasi baru dan titik sukses di seluruh ekonomi Nordik," ungkapnya.

Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, Vegard Kaale pada gilirannya menyatakan dunia bisa mencontoh sistem yang sudah diterapkan oleh negara-negara Nordik, yang telah terbukti berhasil dengan menggabungkan perekonomian dengan teknologi yang tinggi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4470 seconds (0.1#10.140)