Tiga Negara Puji Diplomasi RI Soal Rohingya

Selasa, 19 September 2017 - 15:18 WIB
Tiga Negara Puji Diplomasi RI Soal Rohingya
Tiga Negara Puji Diplomasi RI Soal Rohingya
A A A
NEW YORK - Tiga negara, Amerika Serikat (AS), Australia, dan Swedia memuji langkah diplomasi yang diambil Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi untuk membantu menyelesaikan masalah di Rakhine. Pujian ini disampaikan saat Retno menghadiri pertemuan mengenai situasi di Rakhine di sela-sela Sidang Umum PBB di New York, AS.
Dalam pertemuan yang diiniasi oleh Menteri Luar Negeri Inggris, Borish Johnson itu, Retno menjelaskan langkah diplomasi marathon yang dilakukan Indonesia dengan melakukan diplomasi secara maraton ke Bangladesh dan Myanmar. Selain bertemu dengan para pemangku kepentingan di kedua negara tersebut, Retno juga menyampaikan formula 4+1 yang dapat menjadi jawaban dari situasi yang terjadi di Rakhine.
Formula 4+1 yang diajukan adalah pemulihan keamanan dan perdamaian, menahan diri tidak menggunakan kekerasan, perlindungan bagi seluruh penduduk tanpa memandang latar agama atau etnis, serta akses bantuan kemanusiaan. Selain keempat elemen, langkah ke depan adalah memastikan pelaksanaan rekomendasi laporan Kofi Annan.
“Sebagai negara sahabat dan bertetangga, Indonesia tentunya tidak dapat tinggal diam melihat situasi yang terjadi di Rakhine State, Myanmar," kata Retno dalam pertemuan itu, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Selasa (19/9).
Pertemuan itu juga diketahui turut dihadiri oleh Penasihat Keamanan Nasional Myanmar, di mana dalam pertemuan itu dia menyampaikan briefing mengenai perkembangan terakhir di Rakhine. Disampaikan bahwa Pemerintah Myanmar telah membentuk satuan tugas guna menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Rakhine State.
Satgas tersebut melibatkan Palang Merah Internasional atau ICRC, dan beberapa negara lain, termasuk sejumlah negara ASEAN.
Selain dihadiri oleh Inggris, Indonesia, AS, Swedia, Australia dan Myanmar, pertemuan ini juga turut dihadiri oleh Duta Besar Bangladesh, Turki, Rusia, China, Kanada, dan Malaysia untuk PBB. Selain itu, Wakil Sekertaris Jenderal PBB turut hadir dalam pertemuan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5315 seconds (0.1#10.140)