Parlemen Eropa Desak Myanmar Hentikan Kekerasan Terhadap Rohingya

Jum'at, 15 September 2017 - 02:14 WIB
Parlemen Eropa Desak Myanmar Hentikan Kekerasan Terhadap Rohingya
Parlemen Eropa Desak Myanmar Hentikan Kekerasan Terhadap Rohingya
A A A
BRUSSELS - Anggota parlemen Eropa mendesak pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi untuk "mengecam dengan tegas" serangan terhadap Muslim Rohingya. Mereka juga menuntut militer Myanmar untuk menghentikan tindak kekerasan terhadap Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine.

Tekanan telah berkembang selama krisis yang telah terjadi sekitar 400.000 orang melarikan diri ke Bangladesh.

Resolusi parlemen Eropa meminta militer Myanmar untuk segera menghentikan pembunuhan, pelecehan dan pemerkosaan orang-orang Rohingya, dan pembakaran rumah mereka seperti dilansir dari Deutsche Welle, Jumat (15/9/2017).

Resolusi ini juga mendesak Uni Eropa untuk memperjelas bahwa pihaknya siap untuk memberikan sanksi terhadap Myanmar jika tidak menghentikan pelanggaran hak asasi manusia.

Anggota parlemen mendesak pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, untuk mengecam dengan tegas semua hasutan terhadap kebencian rasial atau agama.

Suu Kyi telah mendapat kritikan internasional yang parah karena tidak berbuat cukup untuk menghentikan perselisihan yang telah menyebabkan puluhan orang tewas dan ratusan ribu orang mengungsi dalam beberapa hari terakhir ini.

Anggota Parlemen Eropa mengingatkan bahwa ia adalah penerima Hadiah Sakharov dari Parlemen Eropa, sebuah penghargaan yang diberikan kepada mereka yang membela hak asasi manusia, melindungi hak-hak minoritas dan menghormati hukum internasional.

Anggota parlemen mempertanyakan apakah Hadiah Sakharov dapat dicabut dalam kasus di mana pemenang melanggar kriteria tersebut. Kritikus telah meminta dia untuk dilucuti dari Hadiah Nobelnya, meskipun masalah keamanan di Myanmar sangat besar berhubungan dengan militer.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4605 seconds (0.1#10.140)