Krisis Semenanjung Korea, Putin Dorong Dialog dengan Korut

Rabu, 06 September 2017 - 14:42 WIB
Krisis Semenanjung Korea, Putin Dorong Dialog dengan Korut
Krisis Semenanjung Korea, Putin Dorong Dialog dengan Korut
A A A
VLADIVOSTOK - Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan dilakukannya dialog dengan Korea Utara (Korut). Putin juga kembali menegaskan jika sanksi bukanlah sebuah solusi.

Hal itu disampaikan oleh Putin saat bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, Vladivostok, Rusia. Presiden Rusia mengatakan bahwa tidak mungkin memecahkan masalah Semenanjung Korea hanya dengan sanksi dan tekanan.

"Jelas bahwa tidak mungkin memecahkan masalah Semenanjung Korea hanya dengan sanksi dan tekanan. Kita seharusnya tidak mengalah pada emosi dan mendorong Korea Utara ke sebuah sudut," katanya seperti dikutip dari TASS, Rabu (6/9/2017).

Putin juga menyerukan untuk menyikapi masalah Korut dengan kepala dingin dan menghindari langkah-langkah yang bisa memicu eskalasi.

"Tidak mungkin membuat kemajuan dalam situasi saat ini tanpa alat politik dan diplomatik," tegasnya.

Putin lantas mengungkapkan bahwa pertimbangan tertentu telah diuraikan dalam roadmap Rusia-China.

"Kami meminta semua pihak yang terkait untuk secara hati-hati melihat prakarsa ini yang, menurut kami, menawarkan cara yang nyata untuk mengurangi ketegangan dan penyelesaian langkah demi langkah," kata Putin.

Putin menyebut pembicaraannya dengan Presiden Korsel Moon Jae-in transparan dan bermanfaat. Para pemimpin sepakat untuk mempertahankan kontak secara teratur.

"Saya memiliki pendapat yang tidak dapat disangkal bahwa rekan-rekan Korea kami tertarik untuk mengembangkan hubungan bilateral. Saya ingin mengkonfirmasi minat yang sama dari pihak Rusia," tukas Putin.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7513 seconds (0.1#10.140)