Korut Tengah Garap ICBM Berkekuatan Dahsyat

Jum'at, 25 Agustus 2017 - 09:17 WIB
Korut Tengah Garap ICBM Berkekuatan Dahsyat
Korut Tengah Garap ICBM Berkekuatan Dahsyat
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) mengirim sinyal kepada dunia luar jika pihaknya tengah mengerjakan rudal balistik antar benua (ICBM) yang lebih hebat ketimbang sebelumnya. Hal itu terlihat dari sejumlah foto yang dirilis oleh kantor berita Korut, KCNA.

Menurut beberapa ahli senjata, jika dikembangkan, rudal semacam itu bisa mencapai target di daratan Amerika Serikat (AS) termasuk Washington dan New York.

KCNA menerbitkan foto-foto pemimpin Korut, Kim Jong-un yang berdiri di samping sebuah diagram roket tiga tingkat yang disebut Hwasong-13.

Pakar rudal, yang meneliti gambar-gambar tersebut untuk mendapatkan petunjuk tentang program senjata Korut, mengatakan bahwa tidak ada indikasi bahwa roket tersebut telah sepenuhnya dikembangkan. Bagaimanapun, itu belum diuji coba dan tidak mungkin untuk menghitung kisaran potensinya.

"Namun, roket tiga tahap akan lebih kuat daripada ICBM dua tahap Hwasong-14 yang diuji dua kali pada bulan Juli lalu," kata mereka seperti dilansir dari Reuters, Jumat (25/8/2017).

Pejabat dan ahli dari Korea Selatan (Korsel) serta AS mengatakan bahwa Hwasong-14 mungkin memiliki jangkauan sekitar 10.000 km dan mungkin bisa menyerang banyak bagian di Amerika, namun bukan Pantai Timur.

"Kita harus melihat Hwasong-13 sebagai ICBM kelas 12.000 km yang bisa menyerang seluruh daratan Amerika Serikat," kata seorang pakar militer di Universitas Kyungnam di Seoul, Kim Dong-yub.

"Kemungkinan besar dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa mereka mengerjakan rancangan tiga tahap dengan dorongan dan jangkauan yang lebih besar," kata pensiunan Brigadir Jenderal Moon Sung-muk, seorang ahli kontrol senjata yang telah mewakili Korsel dalam pembicaraan militer dengan Korut.

Dia mengatakan bahwa gambar tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Korut menolak tunduk pada tekanan internasional untuk meninggalkan program senjatanya.

"Korut berusaha menguasai lapangan permainan," kata Sung-muk menyudahi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7170 seconds (0.1#10.140)