Aksi Penikaman di Finlandia, 2 Tewas dan 6 Terluka

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 04:31 WIB
Aksi Penikaman di Finlandia,...
Aksi Penikaman di Finlandia, 2 Tewas dan 6 Terluka
A A A
TURKU - Seorang pria dengan pisau membunuh dua orang dan melukai enam lainnya dalam aksi penikaman yang diwarnai baku tembak di sebuah lapangan pasar di kota Turku, Finlandia, pada hari Jumat. Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh kepolisian setempat.

Polisi menembak tersangka pelaku penyerangan di kaki dan menangkapnya. Mereka mengatakan bahwa mereka belum menetapkan identitas orang yang berasal dari mancanegara itu atau motifnya.

Seorang saksi mengatakan bahwa dia telah melihat seorang pria menikam seorang wanita dan orang-orang lain terisak pada apa yang mereka lihat setelah melarikan diri dengan ketakutan.

Polisi memperingatkan orang agar menjauh dari kota dan memperkuat keamanan secara nasional, dengan meningkatnya patroli dan pengawasan lebih lanjut, jika lebih banyak orang terlibat. Orang diizinkan kembali ke pusat kota beberapa jam kemudian.

"Pada tahap ini, hanya ada satu tersangka dan kami sedang menyelidiki apakah ada lebih banyak orang yang terlibat tapi sepertinya dia sendiri," kata Markus Laine dari Biro Investigasi Nasional seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (19/8/2017).

"Untuk saat ini kami tidak menyelidiki ini sebagai serangan teroris namun kemungkinan tersebut belum dikesampingkan," imbuhnya dalam sebuah konferensi pers.

Orang-orang meletakkan lilin dan bunga di tempat kejadian pada malam harinya.

Laura Laine, yang melihat aksi penusukan dari sebuah kafe di dekatnya, juga kembali ke alun-alun.

"Hal pertama yang kami dengar adalah seorang wanita muda, berteriak seperti orang gila. Saya pikir itu hanya anak-anak tengah bersenang-senang tapi kemudian orang mulai bergerak dan saya melihat seorang pria dengan pisau di tangannya, menikam seorang wanita," katanya kepada Reuters.

"Lalu seseorang berlari ke arah kami meneriakkan 'dia memiliki pisau', dan semua orang dari teras berlari masuk," sambungnya.

"Selanjutnya, seorang wanita datang ke kafe. Dia menangis histeris, berlutut, mengatakan leher seseorang telah ditikam," tukasnya

Pihak kepolisian mengatakan keenam korban luka tersebut telahdibawa ke rumah sakit, kata polisi.

"Tindakan tersebut benar-benar menyedihkan dan pelanggaran kekerasan yang sangat serius dalam konteks Finlandia ini sangat mengejutkan bagi kita semua," kata Perdana Menteri Juha Sipila dalam sebuah pernyataan setelah mengadakan sebuah konferensi dengan pemerintahnya.

Finlandia biasanya terkenal dengan negara damai. Namun Dinas Intelijen Keamanan menaikkan tingkat ancaman terorisme di bulan Juni dari tingkat rendah, dengan mengatakan bahwa mereka mengetahui rencana terkait terorisme di Finlandia.

Pemerintah telah semakin khawatir tentang serangan, sebagian karena seorang pria Uzbek membunuh empat orang di negara tetangga Swedia pada bulan April dengan mengemudikan truk yang dibajak ke kerumunan di Stockholm tengah.

Pada hari Kamis, seorang tersangka militan Islam membawa sebuah mobil ke kerumunan di Barcelona,
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3508 seconds (0.1#10.140)