17 Pelarian ISIS asal Indonesia Sudah Tinggalkan Suriah

Kamis, 10 Agustus 2017 - 05:28 WIB
17 Pelarian ISIS asal...
17 Pelarian ISIS asal Indonesia Sudah Tinggalkan Suriah
A A A
RAQQA - Sebanyak 17 orang asal Indonesia yang sempat bergabung dengan kelompok ISIS di Raqqa, Suriah, kemudian melarikan diri, kini telah meninggalkan Suriah. Pejabat Kurdi Suriah menyatakan, ke-17 orang tersebut sudah diserahkan ke perwakilan otoritas Indonesia.

Pejabat Kurdi Suriah, Omar Alloush, mengatakan, belasan pelarian kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) asal Indonesia itu terdiri dari para pria, wanita dan anak-anak.

Mereka diserahkan ke perwakilan pemerintah Indonesia pada hari Selasa di persimpangan perbatasan Suriah-Irak. Mereka telah meminta untuk dikirim pulang.

Juru bicara Unit Perlindungan Wanita Kurdi, Nisreen Abdullah, juga mengonfirmasi penyerahan 17 warga asal Indonesia itu.

“Ke-17 orang tersebut diserahkan atas permintaan pemerintah mereka,” tulis jaringan media Kurdi, Rojava, dalam laporannya yang dikutip AP, Kamis (10/8/2017).

Baca Juga:
WNI Dibohongi ISIS: Mereka Bertingkah Seperti Tuhan, Jauh dari Islam
Kisah WNI di Raqqa Buktikan Langsung Kebohongan ISIS
Dibohongi ISIS, Wanita Indonesia: Mereka Bilang Jihad, tapi Hanya Seks

Identitas belasan warga itu tidak dipublikasikan. Pemerintah Irak juga belum mengonfirmasi laporan dari para pejabat Kurdi Suriah.

Bulan lalu, sebuah tim Associated Press di Raqqa bertemu dengan anggota keluarga asal Indonesia yang berusia 17 tahun. Warga itu mengaku telah perjalanan mereka dua tahun dari Jakarta ke Raqqa. Dia dan keluarganya awal ingin tinggal di Raqqa yang diklaim sebagai ibu kota ISIS.

Namun, impian keluarga itu hancur karena mendapati fakta bahwa kehidupan di bawah kekuasaan ISIS ternyata jauh dari ajaran Islam yang selama ini mereka jalani.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)