Ratusan Tentara Israel Menolak Dikirim ke Medan Perang, Berikut 3 Motifnya

Rabu, 09 Oktober 2024 - 23:55 WIB
loading...
Ratusan Tentara Israel...
Ratusan tentara Israel menoilak dikirim ke medan perang. Foto/IDF
A A A
GAZA - Seratus tiga puluh tentara Israel telah menyatakan bahwa mereka akan menolak bertugas di tentara pendudukan kecuali rezim sayap kanan di Tel-Aviv secara aktif mengejar kesepakatan penyanderaan dan gencatan senjata di Gaza.

Langkah tersebut dilakukan di tengah meningkatnya kritik internal terhadap penanganan pemerintah Netanyahu terhadap genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza dan eskalasi regional.

Ratusan Tentara Israel Menolak Dikirim ke Medan Perang, Berikut 3 Motifnya

1. Tak Ingin Mati Sia-sia di Tangan Hizbullah dan Hamas

Menurut Haaretz, para prajurit telah mengirim surat kepada menteri kabinet dan kepala staf angkatan darat. Para penandatangan surat tersebut meliputi para prajurit cadangan dan wajib militer di berbagai cabang militer, termasuk Korps Lapis Baja, Korps Artileri, Komando Front Dalam Negeri, angkatan udara, dan angkatan laut.

“Sekarang jelas bahwa melanjutkan perang di Gaza tidak hanya menunda kepulangan para sandera dari penahanan, tetapi juga membahayakan nyawa mereka,” kata para penandatangan surat tersebut.

“Banyak sandera yang terbunuh oleh serangan IDF, jauh lebih banyak daripada mereka yang diselamatkan dalam operasi militer untuk menyelamatkan mereka.”


2. Ingin Sandera Kembali Hidup-hidup

Saat mengeluarkan ultimatum, para prajurit tersebut berkata: “Kami, yang bertugas dan telah bertugas dengan penuh dedikasi dan sambil mempertaruhkan nyawa kami, dengan ini mengumumkan bahwa jika pemerintah tidak segera mengubah arah dan berupaya mencapai kesepakatan untuk membawa para sandera pulang, kami tidak akan dapat melanjutkan tugas.”

Surat tersebut selanjutnya memperingatkan bahwa bagi sebagian orang, "garis merah telah dilintasi." Sementara bagi yang lain, "garis merah itu semakin dekat," dengan menambahkan bahwa "Harinya semakin dekat ketika kita, dengan hati yang hancur, akan berhenti bertugas."

3. Mewujudkan Gencatan Senjata

Penolakan untuk bertugas di ketentaraan terjadi setelah Israel menolak kesepakatan gencatan senjata demi melanjutkan genosida di Gaza. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah menggagalkan negosiasi dengan menambahkan syarat-syarat baru untuk gencatan senjata, seperti desakannya untuk mempertahankan pasukan pendudukan di Koridor Philadelphia di perbatasan antara Gaza dan Mesir.

Israel juga telah membunuh sejumlah sandera dan memperluas agresi militernya di seluruh wilayah, membom Tepi Barat yang diduduki secara ilegal, Yaman, Iran, Suriah, dan Lebanon, tempat satu juta orang telah mengungsi. Para kritikus mengatakan bahwa Israel menginginkan perang regional untuk memulangkan sandera-sanderanya sendiri.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)