Saudi Balik Menuding Qatar Coba Politisasi Ibadah Haji

Senin, 31 Juli 2017 - 19:37 WIB
Saudi Balik Menuding Qatar Coba Politisasi Ibadah Haji
Saudi Balik Menuding Qatar Coba Politisasi Ibadah Haji
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengecam Qatar karena menyebut Saudi mempolitisasi ibadah haji. Jubeir menuding balik Qatar sebagai pihak sedang berusaha untuk mempolitisasi ibadah tahunan umat Muslim tersebut.
"Arab Saudi tidak menerima politisasi ritus haji. Kami menolak upaya Qatar untuk mempolitisir masalah ini dan menganggapnya tidak menghormati haji dan para jemaah," kata Jubeir dalam sebuah pernyataan.
"Kami menyambut para jamaah haji dari Qatar, dan juga setiap Muslim dari seluru wilayah di dunia ini," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (31/7).
Jubeir juga sebelumnya menyebut permintaan Qatar untuk melakukan internasionalisasi ziarah haji sebagai sebuah deklarasi perang melawan kerajaan. Namun, tidak jelas apakah Qatar benar-benar telah mengajukan permintaan semacam itu.
Qatar menuduh Saudi telah mempolitisasi ibadah haji, setelah Riyadh memberlakukan pembatasan terhadap warga negara Qatar ingin menunaikan ibadah haji ke Makkah.
Komisi Hak Asasi Manusia Nasional Qatar (NHRC) mengatakan, warga Qatar telah diberitahu bahwa mereka hanya dapat memasuki Arab Saudi melalui dua bandara dan hanya boleh melakukan perjalanan melalui Doha untuk bisa masuk ke Saudi.
Pembatasan akses ini mempersulit calon jamaah haji Qatar yang tinggal di luar Doha. NRHC pada hari Sabtu mengajukan keluhan tersebut kepada pelapor khusus PBB untuk Kebebesan Beragama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6715 seconds (0.1#10.140)