Arab Saudi Segera Buka Toko Alkohol Pertama

Rabu, 24 Januari 2024 - 19:56 WIB
loading...
Arab Saudi Segera Buka Toko Alkohol Pertama
Arab Saudi segera membuka toko alkhol pertama. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Arab Saud i sedang bersiap membuka toko alkohol pertamanya di ibu kota Riyadh yang hanya akan melayani diplomat non-Muslim. Itu terungkap berdasarkan sumber yang mengetahui rencana tersebut dan sebuah dokumen yang dikabarkan Reuters.

Pelanggan harus mendaftar melalui aplikasi seluler, mendapatkan kode izin dari kementerian luar negeri, dan memenuhi kuota bulanan dalam pembelian mereka.

Langkah ini merupakan tonggak sejarah dalam upaya kerajaan tersebut, yang dipimpin oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, untuk membuka negara Muslim ultra-konservatif tersebut untuk pariwisata dan bisnis karena meminum alkohol dilarang dalam Islam.

Hal ini juga merupakan bagian dari rencana yang lebih luas yang dikenal sebagai Visi 2030 untuk membangun perekonomian pasca-minyak.



"Toko baru tersebut terletak di Kawasan Diplomatik Riyadh, sebuah lingkungan tempat tinggal kedutaan dan diplomat dan akan dibatasi secara ketat untuk non-Muslim," demikian keterangan dokumen tersebut.

Tidak jelas apakah ekspatriat non-Muslim lainnya akan memiliki akses ke toko tersebut. Jutaan ekspatriat tinggal di Arab Saudi namun kebanyakan dari mereka adalah pekerja Muslim dari Asia dan Mesir.

Sebuah sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan toko tersebut diperkirakan akan dibuka dalam beberapa minggu mendatang.

Arab Saudi memiliki undang-undang ketat yang melarang meminum alkohol yang dapat dihukum dengan ratusan cambukan, deportasi, denda, atau penjara dan ekspatriat juga menghadapi deportasi. Sebagai bagian dari reformasi, hukuman cambuk telah banyak digantikan dengan hukuman penjara.

Alkohol hanya tersedia melalui surat diplomatik atau di pasar gelap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)