Sekjen PBB Kutuk Serangan Kembar di Iran

Kamis, 08 Juni 2017 - 01:09 WIB
Sekjen PBB Kutuk Serangan...
Sekjen PBB Kutuk Serangan Kembar di Iran
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres, mengutuk serangan oleh pelaku bom bunuh diri dan orang-orang bersenjata di parlemen Iran dan Mausoleum (makam) Ayatollah Khomeini di Teheran. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 12 orang.

"Sekretaris Jenderal berharap mereka yang bertanggung jawab atas kekerasan yang tidak dapat dibenarkan ini akan segera dibawa ke pengadilan," ucap juru bicara PBB Stephane Dujarric, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (8/6/2017).

Dalam kesempatan itu, Sekjen PBB juga menyerukan persatuan negara-negara di dunia untuk memerangi aksi terorisme. "Semua negara harus bekerja sama dalam memerangi terorisme sambil menjunjung tinggi hak dan nilai universal yang mengikat masyarakat global," kata Dujarric.

Kelompok ekstrimis ISIS mengaku bertanggung jawab dan merilis video yang dimaksudkan untuk menunjukkan aksi orang-orang bersenjata di dalam gedung parlemen. Kelompok militan ini juga mengancam lebih banyak serangan.

Jika klaim ini benar-benar asli, maka serangan yang juga melukai sekitar 43 orang itu adalah serangan pertama yang ditujukan kepada Iran.

Sebelumnya, Garda Revolusi Iran menuding Arab Saudi berada di belakang serangan kembar di Teheran. Sedangkan wakil kepala Garda Revolusi Iran menjanjikan pembalasan terhadap ISIS dan sekutunya atas serangan kembar di Teheran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0211 seconds (0.1#10.140)