Iran: Embargo Senjata Dicabut, Kami Bisa Beli Senjata Lagi

Minggu, 18 Oktober 2020 - 12:19 WIB
loading...
Iran: Embargo Senjata Dicabut, Kami Bisa Beli Senjata Lagi
Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan, setelah bertahun-tahun akhirnya embargo senjata terhadap Iran resmi dicabut hari ini. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan, setelah bertahun-tahun akhirnya embargo senjata terhadap Iran resmi dicabut hari ini, Minggu (18/10). Dengan dicabutnya embargo senjata ini, Iran bisa membeli senjata dari negara lain.

"Mulai hari ini, semua pembatasan atas transfer senjata, aktivitas terkait dan layanan keuangan ke dan dari Iran," kata Kementerian Luar Negeri Iran dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik. ( Baca Juga: Lihat grafis: Iran Siap Jual-Beli Senjata Seusai Masa Embargo Berakhir
“Oleh karena itu, mulai hari ini, Iran dapat memperoleh senjata dan peralatan yang diperlukan dari sumber mana pun tanpa batasan hukum dan hanya berdasarkan kebutuhan pertahanannya, dan juga dapat mengekspor persenjataan pertahanan berdasarkan kebijakannya sendiri," ujarnya.

Pencabutan embargo senjata terhadap Iran sendiri adalah bagian dari kesepakatan nuklir 2015 dengan negara kekuatan dunia. Amerika Serikat (AS), sebelumnya sempat berusaha memperpanjang embargo senjata ini, namun upaya mereka menemui penolakan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)