Ledakan di Ibu Kota Somalia, 5 Tewas dan 6 Terluka

Kamis, 25 Mei 2017 - 05:46 WIB
Ledakan di Ibu Kota Somalia, 5 Tewas dan 6 Terluka
Ledakan di Ibu Kota Somalia, 5 Tewas dan 6 Terluka
A A A
MOGADISHU - Juru bicara pemerintah Ibu Kota Somalia mengatakan sebuah ledakan di ibukota Somalia membunuh lima warga sipil dan melukai enam lainnya pada hari Rabu. Ia menggarisbawahi kemampuan gerilyawan Islam untuk melakukan pemboman meski terjadi kerugian teritorial.

Sejumlah mayat diketahui dalam kondisi terbakar dan sebuah mobil rusak berat di dekat sebuah pos pemeriksaan polisi yang juga rusak.

"Kami telah mengkonfirmasi lima warga sipil, termasuk seorang ibu dan anaknya, meninggal," kata juru bicara walikota Mogadishu Abdifatah Omar Halane seperti dikutip dari Reuters, Kamis (25/5/2017).

Pemboman adalah peristiwa hampir setiap hari terjadi di Ibu Kota Somalia. Sebagian besar diklaim oleh milisi al Shabaab yang terkait al-Qaeda. Mereka berusaha untuk menggulingkan pemerintah yang didukung PBB yang lemah dan mengusir pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika yang mendukungnya.

Sejak mundur dari Ibu Kota, Mogadishu, pada 2011 lalu, kelompok ini telah kehilangan kendali atas sebagian besar kota besar dan desa di Somalia. Tapi tetap mempertahankan kehadiran yang kuat di belahan selatan dan tengah.

Juga pada hari Rabu, delapan petugas keamanan Kenya terbunuh di perbatasan Somalia-Kenya dalam dua pemboman di pinggir jalan yang terpisah. Al Shabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan pertama namun tidak bisa dihubungi untuk mengomentari yang kedua.

Menambah kekerasan, sebuah kelompok jihad kecil di utara Somalia terbelah dari pemberontak utama dan menyatakan kesetiaan kepada ISIS. Kelompok tersebut mengaku bertanggung jawab atas pemboman di kota Bosasso di utara yang menewaskan lima orang pada hari Selasa.

Somalia telah terperosok dalam perang sipil sejak tahun 1991. Negara ini juga menderita kekeringan regional yang mengancam penduduknya yang berpenduduk 12 juta menjadi kelaparan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6061 seconds (0.1#10.140)