Perompak Somalia Bajak Kapal Berbendera Panama

Kamis, 20 Agustus 2020 - 22:44 WIB
loading...
Perompak Somalia Bajak Kapal Berbendera Panama
Foto/Ilustrasi
A A A
BOSASO - Perompak Somalia telah membajak kapal berbendera Panama. Hal tersebut diungkapkan seorang pejabat regional. Ini adalah pembajakan pertama yang berhasil sejak 2017.

Gubernur wilayah Gardafu di wilayah semi-otonom di utara Puntland, Musse Salah mengatakan, kapal sedang melakukan perjalanan dari Uni Emirat Arab ke pelabuhan Mogadishu ketika tampaknya mengalami masalah mekanis.

"(Kapal) itu diserang oleh enam perompak pada Rabu malam," katanya. (Baca: Perompak Serang Kapal Tanker, 13 Warga Rusia dan Ukraina Disandera )

"Jumlah dan kewarganegaraan awak tidak jelas tetapi diskusi sedang dilakukan untuk membebaskan mereka," imbuhnya seperti dilansir dari Reuters, Kamis (20/8/2020).

Biro Maritim Internasional mengatakan pada puncak kejayaan mereka pada tahun 2011, perompak Somalia melancarkan 237 serangan di lepas pantai Somalia dan menahan ratusan sandera.(Baca: Pembajakan di Perairan Asia Meningkat ke Tingkat Tertinggi )

Serangan kemudian mereda dengan tajam, terutama karena perusahaan pelayaran menerapkan protokol keamanan yang lebih baik termasuk memasang pengawasan, berlayar lebih jauh dari Somalia dan menyewa petugas keamanan swasta. Kapal perang internasional yang beroperasi sebagai bagian dari koalisi juga membantu menurunkan jumlah serangan.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)