Pasukan Somalia-Kenya Baku Tembak di Perbatasan

loading...
Pasukan Somalia-Kenya Baku Tembak di Perbatasan
Pasukan Somali dan Kenya terlibat baku tembak di perbatasan. Foto/Yahoo
A+ A-
MOGADISHU - Pasukan Somalia dan Kenya terlibat dalam baku tembak selama beberapa menit pada hari Sabtu di perbatasan bersama kedua negara. Pejabat lokal dan saksi mengatakan insiden terjadi setelah pihak Kenya melepaskan tembakan untuk mencegah demonstran Somalia mendekat.

Insiden itu terjadi di perbatasan antara kota Somalia, Bulo Hawo, dan Mandera di Kenya, dekat tempat perbatasan kedua negara bertemu Ethiopia di utara.

Beberapa sumber mengatakan bahwa jual beli tembakan itu dipicu ketika sekelompok demonstran Somalia marah atas dugaan pembunuhan tiga warga sipil saat mendekati pos perbatasan yang diawaki oleh tentara Kenya.

"Pasukan Kenya menembaki pengunjuk rasa Somalia yang mendekati posisi mereka di sepanjang asrama Bulo Hawo dan pasukan Somalia yang ditempatkan di dekat daerah itu menanggapi dengan tembakan hebat, ini berlanjut selama beberapa menit," kata perwira polisi Bulo Hawo Mohamed Abdirahman seperti dilansir dari AFP, Minggu (27/9/2020).(Baca juga: Bom Bunuh Diri Guncang Ibu Kota Somalia, Tiga Orang Tewas)



Abdirahman mengatakan para pengunjuk rasa percaya bahwa tiga warga sipil yang "diculik sehari sebelumnya" di kota perbatasan El Wak, selatan Bulo Hawo, telah dibunuh oleh polisi anti-teror Kenya.

"Mereka dibubarkan dengan tembakan keras oleh pasukan Kenya," kata saksi mata Abdifatah Hassan.

"Pasukan Somalia yang dekat dengan daerah itu campur tangan dalam situasi tersebut dengan melakukan baku tembak dengan Kenya," ia menambahkan.



Tak satu pun dari sumber yang dihubungi AFP melaporkan adanya korban dari baku tembak singkat itu.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top