Iran Produksi Massal Tank Tempur Mirip T-90MS Rusia

Senin, 13 Maret 2017 - 08:30 WIB
Iran Produksi Massal Tank Tempur Mirip T-90MS Rusia
Iran Produksi Massal Tank Tempur Mirip T-90MS Rusia
A A A
TEHERAN - Militer Teheran mengumumkan bahwa Iran mulai memproduksi massal tank tempur yang desainnya mirip tank tempur canggih Rusia, T-90MS. Tank tempur Iran yang diberi nama Karrar ini diproduksi sendiri oleh Iran.

Upacara untuk dimulainya produksi massal tank tempur Karrar dihadiri oleh Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan, pada hari Minggu.

Dehqan memuji gebrakan produksi massal tank tempur Karra tersebut.

”Tank ini dapat bersaing dengan tank yang paling maju di dunia dalam tiga bidang utama, yakni kekuatan, presisi dan mobilitas, serta pemeliharaan dan daya tahan di medan perang,” kata Dehqan, dikutip dari kantor berita Fars, Senin (13/3/2017).

Dehqan mengatakan Karrar telah memiliki fitur canggih seperti sistem elektro-optik pengendalian kebakaran, laser rangefinder, dan komputer balistik canggih. Tank tempur kebanggaan Iran ini juga diklaim dapat menembakkan peluru kendali.

Kehadiran tank Karrar pertama kali diumumkan oleh Teheran pada bulan Februari tahun lalu dan disebut-sebut sebagai tank dengan kualitas sebaik tank Rusia, T-90MS.

”Industri pertahanan merancang dan membangun tank tempur dari awal. Jika tidak lebih baik, itu masih bisa mematikan seperti T-90 Rusia,” kata Dehqan pada saat itu.

Pengumuman prodiksi massal tank Karrar muncul sebulan setelah Iran menghentikan perundingan dengan Moskow terkait pembelian tank tempur utama Rusia. Teheran mengatakan bahwa mereka tidak tertarik dalam kesepakatan pembelian tank tempur Rusia kecuali Moskow berbagi teknologi.

Ketika gambar pertama dari tank Iran ini dirilis ke publik pada bulan Agustus 2016, para ahli militer mengatakan desainnya terlihat sangat mirip dengan varian tank tempur Rusia T-90MS yang telah diekspor ke berbagai negara.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6606 seconds (0.1#10.140)