Keluarga Afghanistan dengan Visa AS Ditahan Setibanya di Los Angeles

Senin, 06 Maret 2017 - 06:42 WIB
Keluarga Afghanistan dengan Visa AS Ditahan Setibanya di Los Angeles
Keluarga Afghanistan dengan Visa AS Ditahan Setibanya di Los Angeles
A A A
WASHINGTON - Sebuah dokumen hukum yang diajukan ke pengadilan federal di California oleh pengacara hak asasi manusia menyatakan pihak keamanan Amerika Serikat (AS) secara tidak sah menahan sebuah keluarga Afghanistan di Bandara Internasional Los Angeles. Mereka juga ditahan selama beberapa hari di California.

Keluarga ini tiba di Amerika Serikat pada hari Kamis dan segera ditahan oleh agen CBP di bandara Los Angeles.

International Refugee Assistance Project, sebuah kelompok bantuan hukum bagi pengungsi dan orang terlantar, mengatakan ayah, ibu dan tiga anak mereka yang masih kecil diberikan visa imigran khusus karena anggota keluarga telah mempertaruhkan nyawa mereka untuk membela pemerintah AS di luar negeri.

"Namun meskipun catatan ini menunjukkan jasa kepada negara kita, CBP telah menahan keluarga pemberani ini dan menolak akses mereka ke pengacara," bunyi permohonan yang diajukan pada hari Sabtu kepada Pengadilan Central District Negeri AS di California, mengacu Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (6/3/2017).

Terkait permasalahan ini pihak CBP menolak berkomentar serta pihak Imigrasi dan Bea Cukai tidak segera bersedia untuk komentar.

Para pendukung imigran semakin khawatir tentang pengawasan ketat dari pengunjung, bahkan dengan dokumentasi dan visa yang tepat, sebagai bagian dari tindakan keras Presiden Donald Trump pada imigrasi ilegal dengan alasan keamanan nasional.

"Pengkhianatan terhadap keluarga ini oleh pemerintah AS mengejutkan hati nurani," bunyi dokumen itu, menambahkan ayah, yang tidak disebutkan namanya, dipekerjakan oleh pemerintah AS di Afghanistan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7620 seconds (0.1#10.140)
pixels