Krisis Ukraina, Rusia Siap Berdialog dengan AS

Jum'at, 03 Maret 2017 - 03:03 WIB
Krisis Ukraina, Rusia Siap Berdialog dengan AS
Krisis Ukraina, Rusia Siap Berdialog dengan AS
A A A
MOSKOW - Rusia menyatakan tidak pernah menghindar untuk berdialog dengan Amerika Serikat (AS) terkait situasi di Ukraina. Demikian pernyataan Dubes Rusia untuk Uni Eropa, Vladimir Chizhov.

"Adapun Rusia, kita tidak pernah ditinggalkan dan kita tidak meninggalkan dialog dengan AS terhadap situasi di Ukraina. Kita akan melihat apa yang akan terjadi di masa depan," kata Chizhov seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (3/3/2017).

Chizhov juga mengatakan Prancis dan Jerman merasa keberatan dengan membiarkan AS bergabung dengan kelompok Empat Normandia dalam rekonsiliasi Ukraina.

"Seruan untuk memperluas format Empat Normandia dengan memungkinkan beberapa negara Eropa (Inggris dan Polandia), serta AS, untuk bergabung bukanlah tren baru," katanya.

"Berlin dan Paris selalu memiliki keberatan dalam hal itu. Baik, kita akan melihat apa yang akan terjadi," tambah Chizhov.

Sejak 2014, hubungan antara Rusia dan Uni Eropa serta AS memburuk di tengah krisis di Ukraina. Brussels, Washington dan sekutu mereka memperkenalkan beberapa putaran sanksi terhadap Rusia dengan dalih dugaan keterlibatan dalam konflik Ukraina, dimana Moskow telah berulang kali membantah.

Dalam menanggapi sanksi tersebut, Rusia telah memberlakukan embargo makanan pada beberapa produk yang berasal di negara-negara yang telah menjatuhkan sanksi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5736 seconds (0.1#10.140)