Hadapi China, Taiwan Kerahkan Sistem Rudal Patriot

Kamis, 02 Maret 2017 - 17:31 WIB
Hadapi China, Taiwan Kerahkan Sistem Rudal Patriot
Hadapi China, Taiwan Kerahkan Sistem Rudal Patriot
A A A
TAIPEI - Kementerian Pertahanan Taiwan mengumumkan bahwa militernya bersiap meningkatkan patroli angkatan laut di sekitar Laut China Selatan yang disengketakan. Selain itu, Taiwan juga mengerahkan sistem rudal pertahanan Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) di pantai timurnya untuk menghadapi strategi militer China di Laut China Selatan.

PAC-3 adalah salah satu sistem rudal pertahanan udara paling kuat di dunia. Sistem rudal pertahanan ini untuk pertama kalinya diakui militer Taiwan telah ditempatkan kawasan pantai Taitung dan Hualien.

Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, PAC-3 telah ditempatkan sejak Rabu (1/3/2017), kemarin. Sistem rudal canggih ini mampu mencegat rudal udara yang menerobos wilayah Taipei, sebagai tindakan membela diri.

”Penyebaran ini dilakukan sepenuhnya untuk keamanan negara kita,” kata Menteri Pertahanan Taiwan Feng Shih-kuan, pada Kamis (2/3/2017), seperti dikutip IB Times.

Berbicara pada sidang parlemen Taiwan, Feng mengatakan bahwa angkatan laut Taiwan akan melakukan latihan bersama dengan angkatan udara guna melindungi nelayan dan sistem transportasi laut. Selain itu, Taiwan juga akan melakukan latihan penyelamatan kemanusiaan untuk memperluas kesiapan tempur patroli laut dan udaranya.

Feng mengatakan, rencana China untuk latihan tempur di dekat pantai timur Taiwan sudah merupakan peningkatan ancaman. Oleh karena itu, angkatan bersenjata Taiwan perlu menjadi lebih fleksibel guna menanggapi ancaman China.

Selama beberapa minggu terakhir, China telah mengambil sikap agresif terkait sengketa wilayah di Laut China Selatan. Baru-baru ini, China mengerahkan kapal induk Liaoning yang melintas di sebelah timur wilayah Taiwan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3029 seconds (0.1#10.140)