Kejutan, Menlu Saudi Lawatan Pertama ke Irak Sejak Invasi AS

Minggu, 26 Februari 2017 - 04:52 WIB
Kejutan, Menlu Saudi...
Kejutan, Menlu Saudi Lawatan Pertama ke Irak Sejak Invasi AS
A A A
BAGHDAD - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir membuat kejutan dengan melakukan kunjungan ke Irak untuk pertama kalinya sejak tahun 1990. Lawatan Menlu Saudi ini juga yang pertama sejak invasi Amerika Serikat (AS) terhadap rezim Saddam Hussein tahun 2003.

Jubeir berjanji untuk membangun hubungan yang lebih baik antarkedua negara. Dia juga akan menunjuk duta besar baru Saudi untuk Irak.

Lawatan kejutan Menlu Jubeir ini berlangsung pada hari Sabtu kemarin. ”Ini harapan Kerajaan Arab Saudi untuk membangun hubungan baik antara kedua negara yang bersaudara,” ucap Jubeir.

”Ada juga banyak kepentingan bersama untuk memerangi ekstremisme dan terorisme, serta peluang untuk investasi dan perdagangan antara kedua negara,” kata Jubeir, seperti dikutip Al Jazeera, Minggu (26/2/2017).

Jubeir, dalam kunjungan kejutan itu, bertemu dengan Menlu Irak Ibrahim al-Jaafari dan Perdana Menteri Haider al-Abadi. Dia juga mengumumkan rencana Saudi untuk menunjuk duta besar baru untuk Irak.

Seorang pejabat kementerian luar negeri Irak mengatakan Kerajaan Arab Saudi mendukung dihidupkannya penerbangan langsung antara kedua negara.

Abadi, yang telah berkuasa sejak 2014, telah mendukung upaya untuk memperbaiki hubungan yang tegang antarkedua negara. Namun, jalan menuju normalisasi tidak mudah.

Thamer al-Sabhan, Duta Besar Arab Saudi untuk Irak telah dicopot pada bulan Agustus. Diplomat Saudi ini pernah membuat para politisi Syriah Irak marah atas komentarnya yang menyebut Iran terlibat dalam urusan dalam negeri Irak dan diduga terlibat penganiayaan terhadap kaum Muslim Sunni di Irak.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)