30 Tahun Ditutup, Perbatasan Irak-Arab Saudi Kembali Dibuka

Kamis, 19 November 2020 - 12:21 WIB
loading...
30 Tahun Ditutup, Perbatasan Irak-Arab Saudi Kembali Dibuka
Perbatasan Irak-Arab Saudi kembali dibuka setelah ditutup selama 30 tahun. Foto/Al Araby
A A A
BAGHDAD - Irak dan Arab Saudi membuka kembali penyeberangan gurun Arar pada Rabu kemarin. Pembukaan perbatasan ini menandai hubungan perdagangan yang lebih dekat yang telah lama ditunggu-tunggu setelah 30 tahun ditutup.

Para pejabat tinggi termasuk Menteri Dalam Negeri Irak dan Kepala Komisi perbatasannya melakukan perjalanan dari Baghdad untuk secara resmi membuka perbatasan Arar, di mana barisan truk kargo berdiri menunggu.

Duta Besar Arab Saudi untuk Irak juga hadir dan delegasi dari Riyadh akan membuka sisi perbatasan Saudi.



Arar akan terbuka untuk barang dan orang untuk pertama kalinya sejak Riyadh memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Baghdad pada 1990, setelah invasi mantan diktator Irak Saddam Hussein ke Kuwait.

Hubungan tetap membeku sejak saat itu, tetapi Perdana Menteri Irak saat ini Mustafa al-Kadhemi memiliki hubungan pribadi yang dekat dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Kadhemi akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi yang menjadi perjalanan luar negeri pertamanya sebagai perdana menteri pada Mei. Tetapi kunjungan itu dibatalkan pada menit-menit terakhir ketika Raja Arab Saudi Salman dirawat di rumah sakit.

Hingga saat ini sia belum melakukan perjalanan, meskipun para menteri Irak telah mengunjungi Riyadh untuk bertemu dengan rekan-rekan mereka dan delegasi tingkat atas Arab Saudi melakukan perjalanan ke Baghdad minggu lalu.

Bagdad melihat Arar sebagai alternatif potensial untuk penyeberangannya dengan tetangga timur Iran, yang melaluinya Irak membawa sebagian besar impornya.

Tetapi faksi-faksi pro-Iran di Irak, yang menyebut diri mereka "Perlawanan Islam", telah berdiri teguh menentang hubungan yang lebih dekat dengan Arab Saudi.(Baca juga: Saudi: G20 Miliki Peran Penting Dalam Menjaga Bumi )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)