Sheikh Buta Pembom WTC Meninggal di Penjara AS

Minggu, 19 Februari 2017 - 00:37 WIB
Sheikh Buta Pembom WTC Meninggal di Penjara AS
Sheikh Buta Pembom WTC Meninggal di Penjara AS
A A A
WASHINGTON - Omar Abdel Rahman atau yang dikenal sebagai Sheikh Buta telah meninggal di penjara Amerika Serikat (AS). Rahman, pelaku pemboman World Trade Center (WTC), meninggal pada usia hampir 70 tahun.

Putra Rahman, Ammar, mengatakan ia telah ditelpon oleh perwakilan AS yang mengatakan ayahnya telah meninggal di penjara di Carolina Selatan seperti dikutip dari Independent, Minggu (19/2/2017).

Omar Abdel Rahman adalah seorang ulama asal Mesir. Ia dihukum karena pemboman WTC di New York pada tahun 1993 dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 1996. Ia adalah salah satu dari enam tersangka dalam serangan itu yang menewaskan enam orang dan melukai sekitar 1.000 orang lainnya.

Selain membom WTC, ia juga berencana untuk meledakkan terowongan Holland Lincoln serta landmark lainnya di New York. Ia juga terlibat dalam upaya pembunuhan terhadap Presiden Mesir Hosni Mubarak.

Sheikh Buta adalah pemimpin spiritual dari kelompok Islam Al-Gama Al-Islamiyyah, yang diduga berada di balik serangan pembantaian yang menewaskan 62 orang di Luxor, Mesir, pada tahun 1997 lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4882 seconds (0.1#10.140)