Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Berpaspor Indonesia Diklaim Agen Korut

Kamis, 16 Februari 2017 - 15:39 WIB
Tersangka Pembunuh Kim...
Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Berpaspor Indonesia Diklaim Agen Korut
A A A
KUALA LUMPUR - Dua wanita tersangka pembunuh Kim Jong-nam, kakak tiri diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, termasuk yang berpaspor Indonesia untuk sementara akan dipenjara tujuh hari di Malaysia. Intelijen Korea Selatan mengklaim para tersangka itu adalah agen mata-mata yang bekerja untuk rezim Korut di bawah perintah Kim Jong-un.

Satu dari dua wanita itu berpaspor Indonesia atas nama Siti Aishah, asal Serang, Jawa Barat, dengan tanggal lahir 11 Februari 1992.

Baca Juga: Wanita Tersangka Pembunuh Kakak Kim Jong-un Berpaspor Indonesia

Wanita berpaspor Indonesia itu ditangkap Kamis (16/2/2017) pukul 02.00 dini hari oleh aparat polisi Malaysia. Pada hari Rabu, polisi Malaysia menangkap tersangka pertama yang menggunakan paspor Vietnam atas nama Doan Thi Huong.

Kepolisian Diraja Malaysia mengatakan, dua tersangka tersebut akan dipenjara selama tujuh hari ke depan sampai polisi menangkap para tersangka lain yang diperkirakan berjumlah empat orang.

Baca Juga: Tersangka Pembunuh Kakak Kim Jong-un Berpaspor RI, Ini Konfirmasi Kemlu

Beberapa jam setelah penangkapan tersangka pemegang paspor Indonesia, Kepala Polisi Negara Bagian Selangor, Abdul Samah, mengungkapkan bahwa kedua tersangka atas nama Siti Aishah dan Doan Thi Huong akan diadili.

Intelijen Korea Selatan telah mengklaim bahwa para tersangka bekerja di bawah perintah dari rezim Korut yang dipimpin Kim Jong-un. Para tersangka dilaporkan menyerang Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Senin, 13 Februari dengan racun sebelum akhirnya melarikan diri dengan naik taksi.

Pejabat senior polisi Malaysia Mohamad Fauzi Harun juga menduga para tersangka sebagai agen mata-mata asing. “Kami memiliki alasan untuk percaya bahwa ini mungkin pekerjaan agen-agen asing. Ada pasti individu lain yang terlibat, selain dari dua penyerang ini,” katanya, seperti dikutip IB Times.

Baca Juga: Tersangka Pembunuh Kakak Kim Jong-un Berpaspor Indonesia Terus Diselidiki(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)