Militer Suriah Rebut Lembah Wadi Barada dari Tangan Pemberontak

Minggu, 29 Januari 2017 - 21:19 WIB
Militer Suriah Rebut...
Militer Suriah Rebut Lembah Wadi Barada dari Tangan Pemberontak
A A A
DAMASKUS - Pasukan pemerintah Suriah telah merebut kembali semua kota dan desa di Lembah Wadi Barada dekat Damaskus. Begitu pernyataan yang dikeluarkan militer Suriah.

"Unit pasukan bersenjata kami, bersama-sama dengan pasukan sekutu telah mencapai misi mereka dalam mengembalikan keamanan dan stabilitas daerah," bunyi pernyataan itu, yang dibacakan oleh seorang juru bicara militer di TV negara Suriah seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (29/1/2017).

Sebelumnya, tentara Suriah dan sekutunya berhasil mengambil alih sebuah desa di Wadi Barada yang berisi air dan stasiun pompa utama. Stasiun pompa air utama inilah yang memasok sebagian besar air di Ibu Kota Damaskus.

Bentrokan hebat antara pemerintah dan pasukan pemberontak yang sporadis pecah di Wadi Barada sejak 30 Desember di tengah gencatan senjata yang ditengahi Rusia dan Turki. Pertempuran berlanjut bahkan setelah perundingan kesepakatan untuk mengembalikan air ke Damaskus awal bulan ini.

Berdasarkan perjanjian tersebut, sebuah tim dibentuk untuk memperbaiki infrastruktur untuk memasok air ke Damaskus. Sebagai imbalan untuk penghentian permusuhan dan penarikan pasukan pemberontak. Sekitar 5,5 juta orang di Damaskus dan sekitarnya telah hidup tanpa air sejak 22 Desember.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)