PBB: Aleppo Berpotensi Jadi Pemakaman Terbesar di Dunia

Kamis, 01 Desember 2016 - 13:51 WIB
PBB: Aleppo Berpotensi...
PBB: Aleppo Berpotensi Jadi Pemakaman Terbesar di Dunia
A A A
NEW YORK - PBB menyatakan, jika tidak ada langkah kongkrit yang diambil secepatnya, mungkin kota Aleppo akan menjadi pemakaman terbesar yang ada di dunia. Aleppo adalah kota paling terdampak konflik di Suriah.
"Demi kemanusiaan kita memanggil - kami memohon semua pihak dan orang-orang yang memiliki pengaruh untuk melakukan segala daya mereka untuk melindungi warga sipil dan memungkinkan akses ke bagian dikepung dari Aleppo timur, sebelum kota itu berubah menjadi salah satu kuburan raksasa," kata wakil Seketaris Jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan, Stephen O'Brien.
O'Brien, yang berbicara kepada Dewan Keamanan PBB melalui percakapan video mengatakan, waktu terus berjalan, dan semakin lama dunia bertindak, warga Aleppo akan semakin menderita. Terlebih, saat ini Suriah sudah mulai memasuki musim dingin.
"Warga Aleppo mulai mengais-ngais makanan, rumah sakit tidak berfungsi setelah beberapa kali terkena serangan udara dan diperkirakan 25.000 orang telah melarikan diri dari timur Aleppo sejak Sabtu," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (1/12).
O'Brien menambahkan, konvoi bantuan telah siap berangkat dari Turki dan Aleppo Barat. Tapi, bantuan itu belum bisa dikirimkan sebelum ada jaminan keamanan.
"Kita semua memiliki tanggung jawab untuk hal ini. Pihak-pihak yang tidak dapat atau tidak mau melakukan kewajiban dasar mereka, harus tahu suatu hari akan dimintai tanggung jawab atas tindakan mereka," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6699 seconds (0.1#10.140)