Soal Rencana Patroli Bersama Australia di LCS, Ini Kata Kemlu

Kamis, 03 November 2016 - 13:36 WIB
Soal Rencana Patroli Bersama Australia di LCS, Ini Kata Kemlu
Soal Rencana Patroli Bersama Australia di LCS, Ini Kata Kemlu
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia angkat bicara mengenai kabar adanya rencana patroli bersama Indonesia dan Australia di kawasan Laut China Selatan (LCS). Patroli ini disebut Kemlu sebagai bagian dari kerjasama maritim kedua negara.

Kabar mengenai adanya rencana patroli bersama ini datang paska adanya pertemuan 2+2 antara Indonesia dan Australia di Bali pekan lalu. Pertemuan 2+2 ini antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara.

Baca juga:
Indonesia dan Australia Pertimbangkan Patroli Bareng di Laut China Selatan


Memanggapi hal ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanantha Nassir mengatakan kerjasama maritim antara Indonesia dan Australia baru terbatas pada pemberantasan pencurian ikan dan imigran gelap.

"Terkait berita mengenai adanya joint patrol, yang sayangnya ini keluar dari pertemuan 2+2 di Bali. Ini soal kerjasama maritim dengan Australia, terkait pencurian ikan, atau ilegal migrant. Ini penguatan kerjasama itu, detailnya masih akan dibahas," terang Arrmanantha pada Kamis (3/11).

Dia menambahkan, pembahasan mengenai kerjasama maritim ini akan kembali dibahas dalam pertemuan antara Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull di Australia akhir pekan ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0072 seconds (0.1#10.140)