Dalam 24 Jam Ratusan Migran Diselamatkan dari Laut Aegea

Kamis, 18 Agustus 2016 - 02:20 WIB
Dalam 24 Jam Ratusan...
Dalam 24 Jam Ratusan Migran Diselamatkan dari Laut Aegea
A A A
ATHENA - Penjaga pantai Yunani dilaporkan berhasil menyelamatkan 59 migran dari sebuah kapal di Laut Aegea yang berlayar dari pulau Kos. Sementara itu, pihak berwenang Turki juga menyelamatkan puluhan migran di laut yang sama.

Sebanyak 147 migran tiba di tiga pulau Yunani dalam 24 jam terakhir mulai dari Selasa hingga Rabu pagi. Jumlah itu termasuk mereka yang diselamatkan dalam cuaca buruk. Sebanyak 44 migran tiba di pulau Kalymos dan 44 lainnya di jemput penjaga pantai dari perahu karet lainnya dari pulau Lesbos.

Sementara, pihak berwenang Yunani juga mengatakan pada hari Rabu, penjaga pantai Turki menyelamatkan penumpang dari sebuah perahu migran yang telah meminta bantuan karena masalah teknis, seperti dikutip dari laman Belfast Telegraph, Kamis (18/8/2016).

Perahu itu ditemukan di perairan Turki setelah operasi pencarian awal di sisi Yunani antara pulau Samos dan Ikaria. Pelapor mengatakan ada sekitar 53 orang migran di atas kapal.

Penjaga pantai Yunani telah menyelamatkan lebih dari 300 orang sejak 8 Agustus lalu saat sembilan kapal migran mengalami kesulitan di Laut Aegea. Dengan banyaknya pulau di dekat pantai Turki, Yunani adalah titik masuk utama bagi ratusan migran dan pengungsi yang mengharapkan kehidupan yang lebih baik di Uni Eropa.

Setidaknya lebih dari 57.600 orang terdampar di Yunani. Lebih dari 10.700 dari mereka berada di pulau-pulau Aegean timur negara itu. Mereka tinggal di kamp-kamp yang penuh sesak melampaui batas terutama di Chios, Lesbos dan Samos.

Menurut badan amal Save the Children mereka yang terdampar di pulau-pulau itu termasuk sekitar 3.800 anak-anak. Mereka juga memperingatkan bahwa pengungsi perempuan dan anak-anak mengalami demoralisasi dan dalam kondisi yang tidak aman.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9609 seconds (0.1#10.140)