Meski Tegang, Jet-jet Tempur AS Tak Hengkang dari Turki

Rabu, 27 Juli 2016 - 00:46 WIB
Meski Tegang, Jet-jet Tempur AS Tak Hengkang dari Turki
Meski Tegang, Jet-jet Tempur AS Tak Hengkang dari Turki
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tidak berencana untuk memindahkan pesawat-pesawat jet tempur dan krunya dari pangkalan udara Incirlik, Turki, meskipun kedua negara sedang tegang. Ketegangan terjadi setelah upaya kudeta militer Turki gagal.

”Tidak ada rencana untuk pindah dari Incirlik, apapun itu,” kata Sekretaris Angkatan Udara AS, Deborah James, dalam sebuah forum yang diselenggarakan oleh Defense One, pada hari Selasa.

Deborah James telah membahas situasi di Incirlik dengan komandan AS di pangkalan tersebut. Dia mencatat bahwa para pejabat AS telah memantau situasi.”Tapi untuk sekarang operasi dan misi sedang berlangsung,” katanya.

Pada tanggal 15 Juli 2016, sebuah faksi di militer Turki mencoba melakukan kudeta terhadap pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan. Setelah kudeta gagal, operasi militer AS di Incirlik untuk sementara dihentikan.

Setelah kudeta gagal, AS dan Turki terlibat ketegangan setelah beberapa politisi Turki menuduh AS terlibat dalam upaya kudeta.

Deborah James mengklaim hubungan personel militer kedua negara tetap profesional meskipun hubungan AS dan Turki sedang tegang. “Tidak ada masalah dengan orang-orang kami,” katanya, seperti dikutip Sputniknews, Rabu (27/7/2016).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9106 seconds (0.1#10.140)
pixels