Warga Korsel Demo Tolak Penyebaran Sistem Rudal THAAD

Minggu, 10 Juli 2016 - 22:20 WIB
Warga Korsel Demo Tolak Penyebaran Sistem Rudal THAAD
Warga Korsel Demo Tolak Penyebaran Sistem Rudal THAAD
A A A
SEOUL - Ribuan orang memprotes penyebaran sistem rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan (Korsel). Demikian laporan surat kabar Korea Times.

Sedikitnya 3.000 warga di Chilgok County, salah satu situs yang kemungkinan akan menjadi lokasi ditempatkannya sistem rudal THAAD, melakukan demonstrasi menolak rencana tersebut.

"Kami menentang THAAD di wilayah kami. THAAD juga akan membahayakan perekonomian daerah," kata politisi lokal menumpahkan penolakannya kepada Kepala Daerah setempat, Baek Seon-gi seperti disitir dari Sputnik, Minggu (10/7/2016).

Korsel dan AS mengumumkan mereka sepakat untuk menyebarkan sistem rudal THAAD untuk melawan ancaman rudal Korea Utara (Korut). Sistem rudal THAAD dirancang untuk mencegat rudal balistik pendek, menengah dan intermediate.

Setelah pengumuman itu, Kementerian Luar Negeri Rusia dan Cina menyatakan bahwa perjanjian untuk menyebarkan sistem THAAD akan memiliki dampak yang sangat negatif pada stabilitas strategis global.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6212 seconds (0.1#10.140)